Virtual private server

Virtual private server (VPS), atau disebut juga virtual dedicated server (VDS), atau virtual machine (VM) adalah sistem yang berjalan di bawah virtualisasi. Beberapa sistem pembuat virtualisasi (hypervisor) dikenal saat ini: VMWare, Xen, UML (khusus Linux), VZ/OpenVZ. Saat ini MWN menggunakan Xen, yang menyeimbangkan antara tingkat virtualisasi dan kecepatan.

VM yang berjalan di bawah virtualisasi disebut guest, sementara sistem yang menjalankan VM disebut host.

Guest bagi pemakainya akan terasa seperti sebuah mesin nyata/fisik tersendiri, memiliki harddisk, memori dedicated, dsb. Pemakainya juga dapat menjalankan OS/kernel berbeda dan memiliki akun root Unix tersendiri.

VPS/VM dapat menjadi solusi bagi mereka yang menginginkan server dedicated tapi dengan biaya yang lebih murah. VPS lebih murah daripada server dedicated fisik karena sebuah server dedicated fisik dapat dibagi-bagi menjadi beberapa VM sekaligus, masing-masing berjalan sendiri/terpisah.

Untuk memesan, silakan ke [Portal Masterkey kami] lalu klik Pesan lalu pilih kategori VPS.

Untuk menanyakan lebih lanjut tentang VPS, silakan hubungi kami.

Teknologi virtualisasi

Virtualizor/KVM

KVM (Kernel-based Virtual Machine) adalah sebuah solusi virtualisasi untuk Linux di arsitektur x86 yang berisi ekstensi virtualisasi (Intel VT/AMD-V). Dengan KVM, sebuah mesin induk dapat menjalankan banyak virtual mesin berbasis Linux dan Windows image. Setiap virtual mesin memiliki hardware virtual tersendiri meliputi network card, disk, kartu grafis, dll.

Xen

Resita has written 706 articles