URL sementara

URL sementara adalah sebuah alamat Internet yang dapat Anda pakai untuk melihat tampilan website Anda, meskipun domain Anda belum aktif (karena baru saja dibeli) atau sedang bermasalah (mis: expired, terkena kasus sehingga diblokir oleh registrar, dsb).

Spanel

Biasanya alamat URL bentuknya adalah: NAMADOMAINANDA.xxxx.TemporaryOnly.com. Contohnya, jika domain Anda example.com, maka URL sementara Anda misalnya adalahhttp://example.com.4123.TemporaryOnly.com/.

Untuk melihat URL sementara, silakan login ke control panel lalu pilih menu Kelola Subdomain -> Selengkapnya. Di sebelah kanan setiap subdomain, Anda akan melihat link http (temp) dan https (temp). Klik link tersebut atau lihat alamatnya di baris status browser Anda. Itulah URL sementara situs Anda.

Catatan: URL sementara untuk website Anda bukan berbentuk alamat IP (http://1.2.3.4/). Alamat IP seperti ini hanya dapat digunakan untuk mengakses control panel, misalnya http://1.2.3.4/spanel (ganti 1.2.3.4 dengan alamat IP server yang sebenarnya, yang telah diberikan kepada Anda sewaktu aktivasi).

cPanel

Di cPanel, URL sementara sintaksnya seperti ini:

http://IP_SERVER/~USERNAME

di mana IP_SERVER adalah alamat IP server. Bisa diketahui dari email aktivasi yang Anda terima saat akun Anda dibuat. Atau Anda dapat mengecek dari DNS (mis: dengan perintah “ping NAMADOMAIN_ANDA”) jika domain Anda sudah aktif. Atau Anda dapat bertanya pada staf support.

Contoh:

http://1.2.3.4/~h12345

Resita has written 705 articles