Tutorial instalasi osCommerce

osCommerce adalah program opensource e-commerce(perdagangan online) yang digunakan untuk mengelola perbelanja online berbasis web. Oscommerce ini dapat digunakan di berbagai web server yang sudah terinstall PHP dan database MYSQL.

Oscommerce ini digunakan secara bebas dibawah lisensi GNU General Public Lisence. Oscommere adalah solusi bagi anda yang berguna untuk membangun usaha bisnis perdagangan dari skala kecil sampai skala besar secara online.

Catatan: Jika Anda menggunakan server dengan control panel cPanel/WHM, maka Anda dapat menggunakan Fantastico untuk melakukan instalasi dengan lebih mudah. Petunjuknya bisa dilihat di sini: Tutorial instalasi osCommerce (Fantastico).

Persiapan awal install oscommerce

Download Oscommerce Silahkan anda download program oscommerce yang ada di URL http://www.oscommerce.com/solutions/downloads

Setelah anda download anda taruh file .zip nya di document root account hosting anda di folder /sites/namadomainanda/www/, lalu anda extract file tersebut di spanel

Mempersiapkan database

Sebelum memulai instalasi oscommerce, terlebih dahulu Anda mempersiapkan nama database baru yang akan digunakan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. dari menu utama SPANEL, pilih menu MySQL
  2. pilih Add database, lalu tentukan db_username, db_name beserta db_password
  3. klik Add 

Oscommerce ini membutuhkan gd dan curl, jadi perlu anda aktifkan, caranya anda ke spanel kami, lalu ke subdomain manager, klik Prefs, lalu klik Create file php.ini, tambahkan perintah :

extension=gd.so
extension=curl.so

persiapan instalasi selanjutnya adalah memberikan file permission untuk file configure.php yang ada di folder /includes dan /admin/includes dengan chmod 777 .

Langkah 1 Pada langkah instalasi pertama adalah setting database, masukkan isian Database Server adalah localhost , lalu untuk username dan password adalah username dan password yang anda buat di spanel kami sebelumnya.

Langkah 2 Pada langkah instalasi yang kedua, adalah tentang Web Server, isikan WWW Address dan Webserver Root Directory jika sesuai dengan keinginan anda, jika sebagai default anda langsung klik continue untuk melanjutkan ke langkah 3.

Langkah 3 Pada langkah ke 3 adalah “Online Store Settings”, anda isikan nama usaha dagang anda(Store Name), pemilik usaha dagang(Store Owner Name), email pemilik usaha dagang (Store Owner E-Mail Address), username administrator dan password administrator. Setelah anda isikan, anda klik continue untuk melanjutkan ke langkah 4.

Langkah 4 Pada langkah ke 4 adalah Finished(selesai), anda bisa langsung klik catalog jika anda ingin melihat hasil katalog awal instalasi, atau klik Administration Tools jika anda ingin melanjutkan untuk mengelola tampilan, mengelola katalog, kategori, metode pembayaran dan lain sebagainya.

Troubleshoting

Saya menggunakan OSCOMMERCE dan setiap ingin mengkonfigurasi selalu gagal dan muncul pesan Forbidden

 Forbidden
 You don't have permission to access /admin/configuration.php on this server.

Solusi:

pada file .htaccess didalam direktori admin, tambahkan baris:

 <Files "configuration.php">
 Order deny,allow
 Allow from All
 </Files>

Rama has written 18 articles