Tutorial instalasi Magento

Magento adalah CMS open source yang berbasiskan e-commerce. Magento bisa digunakan secara bebas dab bisa didapatkan secara gratis.

Download source code magento

Anda dapat download terlebih dahulu source code Magento versi yang terupdate yang ada di URL http://www.magentocommerce.com/

Mempersiapkan database

Sebelum memulai instalasi Magento, terlebih dahulu Anda persiapkan nama database baru yang akan digunakan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. dari menu utama SPANEL, pilih menu MySQL
  2. pilih Add database, lalu tentukan db_username, db_name beserta db_password
  3. klik Add

Me-load Extension yang dibutuhkan dan men-set off register_globals dari php.ini

Untuk menggunakan Magento, register_globals harus di set off dan perlu beberapa extension yang harus di load yang dibutuhkan oleh system Mangento. Silahkan Anda buat file php.ini lalu isikan seperti di bawah ini:

 register_globals=off
 
 extension=mysql.so
 extension=pdo.so
 extension=pdo_mysql.so
 extension=gd.so
 extension=curl.so
 extension=mcrypt.so

Untuk membuat/mengaktifkan file php.ini silahkan Anda lakukan dari sPanel Anda dari menu Domain –> Kelola Subdomain dan klik Setting pada kolom Pilihan untuk domain/subdomain yang ingin Anda set. Pada page selanjutnya, pada bagian SKRIP silahkan Anda cek pada sub “php.ini tersendiri” silahkan Anda klik “Buat php.ini” (jika php.ini belum aktif) dan klik “sunting php.ini” (jika php.ini sudah aktif).

Instalasi skrip

Pertama-tama, Anda taruh file download source code-nya di /sites/namadomain/www, Anda extract file tersebut jika file tersebut masih dalam bentuk .zip atau .tar.gz, setelah Anda extract, Anda edit file .htaccess dan nonaktifkan baris yang mengandung kata “options” dengan memberi tanda pagar (#) di depan kata Options, nonaktifkan baris untuk SSLOptions StdEnvVars dengan memberi tanda pagar (#) di depan kata SSLOptions StdEnvVars:

 # Options -MultiViews
 # Options +FollowSymLinks
 # SSLOptions StdEnvVars

Lalu simpan file .htaccess yang sudah Anda edit tersebut.

Langkah selanjutnya adalah chmod/setmode ke 775 untuk folder-folder berikut:

  1. app/etc
  2. media/downloadable
  3. media/import
  4. var

(Untuk melakukannya bisa dari shell atau menggunakan Kelola File, lihat: Chmod di control panel Spanel).

Jika ke dua proses di atas (editing file .htaccess dan chmod folder) sudah dilakukan, silahkan Anda install Magento Anda dengan cara mengakses web Anda.
Tahap pertama, centang kotak dialog “I agree to the above terms and conditions.” (Dengan mencentang ini, Anda berarti telah menyetujui persyaratan dan legaltas dari pihak Magento, baca jika perlu). Lalu klik tombol Continue.

Tahap ke dua, silahkan Anda sesuaikan untuk settingan Localization dengan kebutuhan Anda. Jika sudah, klik tombol Continue

Tahap ke tiga installasi adalah untuk Database Connection. Silahkan Anda masukkan konfigurasi untuk database Anda. Sesuaikan dengan database yang telah Anda buat di sPanel sebelumnya untuk installasi Magento ini.

Pada bagian Web Access Option, silahkan diabaikan saja untuk mengikuti settingan default. Silahkan Anda rubah jika Anda mengerti dan paham atas perubahan yang Anda lakukan. Jika sudah, klik tombol Continue

Tahap ke empat adalah konfigurasi untuk Administrator. Silahkan Anda sesuaikan dengan yang Anda inginkan. Abaikan kolom untuk Encryption Key (biarkan system magento yang membuat). Jika sudah, klik tombol Continue.
Setelah proses installasi selesai Anda akan diberikan Encryption key yang digenerate otomatis oleh Magento. Copy encryption key tersebut (digunakan oleh Magento untuk memproteksi password, credit card dan lainnya).

Proses installasi Magento Selesai.

Jika masih ada pertanyaan lain silahkan hubungi kami via chat online atau bisa dengan mengirimkan Tikcet Support Masterkey.

This entry was posted in   CMS.
Bookmark the   permalink.

Resita has written 705 articles