Troubleshooting Spam Email

Hi MWN’ers

Berikut ini kami akan menjelaskan apa sih itu SPAM EMAIL ?

Spam email juga bisa dikatakan pesan sampah, sebab email tersebut bersifat mengirimkan pesan secara terus – menerus pada pemilik email. tentunya hal ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada orang yang menerima spam tersebut. dan email spam yang terlalu banyak itu tentunya akan berimbas negatif karena bisa mengurangi space pesan masuk dan tidak enak nya dipandang.

Isi email spam itu biasa nya adalah berupa iklan promosi produk atau jasa tertentu. dan pengirimannya juga biasanya tidak hanya berasal dari dalam negeri saja bahkan bisa juga dari luar negeri. Tak heran isi pesannya tersebut juga ada yang menggunakan bahasa asing, tujuannya tersebut tentu sudah jelas menawarkan produk atau layanan jasa tertentu kepada semua pelanggan secara massal. Karena pengirimannya secara masal inilah, pihak layanan pesan elektronik seperti Google, Yahoo, Yandex, dan lain sebagainya menyediakan fitur flter email SPAM. Hal ini untuk mencegah email sampah masuk ke inbox pengguna dan mengganggu email lain yang lebih penting/prioritas. Sifat dari email SPAM ini masih dalam tahap normal, tapi cukup membuat tidak nyaman saja karena datang terus menerus tiap hari.

Sementara itu, ada juga email SPAM yang memiliki tujuan jahat, yakni menyebarkan virus, malware, dan lain perangkat berbahaya lainnya. Hal ini akan terjadi secara instan pada saat pengguna membuka email tersebut. Ini bukan kali pertama. Pasalnya, sudah banyak kasus penyebaran virus seperti Ransomware, Trojan dan lain sebagainya menjangkiti perangkat PC atau Smartphone. Virus ini menyebar pada saat pengguna membuka email SPAM yang berisikan virus tersebut. Tipe email semacam ini tentunya sangat berbahaya. Selain membuat tidak nyaman, email semacam ini juga meresahkan karena membuat perangkat yang anda miliki berjalan secara abnormal. Pasalnya virus sudah menjangkiti perangkat tersebut secara fatal.

Masalah

Tolong, email/mailbox saya dipenuhi spam. Bagaimana mengatasinya?

Pembahasan & Solusi

Pencegahan: publikasi alamat email. Sebaiknya menghindari mencantumkan alamat email di website sendiri (maupun memberikan alamat email di website-website lain jika tidak perlu). Spammer mengumpulkan alamat email dengan mengunjungi website-website dan mencari alamat email yang ada di halaman-halaman website tersebut. Untuk meminta feedback atau masukan atau order dll dari website Anda, Anda bisa menggunakan form mail (seperti feedback form atau form kontak) sebagai pengganti mencantumkan alamat email mentah-mentah.

Fasilitas antispam yang disediakan server hosting. server sanity checks, RBL (mis: spamcop, spamhaus, spamassasin), DNSBL. Silahkan klik Mengaktifkan SpamAssasin di SPANEL untuk pengaktifan SpamAssasin

Menggunakan fasilitas blacklists dari server. Dengan cara ini, email ditolak langsung oleh mailserver hosting sebelum mencapai mailbox Anda. Lihat halaman ini untuk detailnya: Blacklist Whitelist Email.

Di sisi klien. Gunakanlah program email yang memiliki kemampuan filtering spam, seperti Mozilla Thunderbird.

Pencegahan Agar Email Tidak Masuk Spam

  1. Gunakanlah email tersebut dengan bijak, dan hindarilah pemakaian kata-kata vulgar yang dapat berpotensi membuat email tersebut langsung dianggap junk mail.
  2. Jangan membuka email spam sembarangan atau yang kiranya email tersebut anda tidak ketahui asal usulnya dari mana sebab email tersebut sudah difilter langsung oleh pihak penyedia pesan elektronik seperti Gmail dan Yahoo. Apabila sudah difilter oleh pihak yang profesional, tapi Anda tetap membukanya maka anda harus tanggung sendiri akibatnya. Anda tidak pernah tau siapa pengirim email tersebut, apakah manusia atau robot sistem komputer yang bekerja. Jika anda memang ingin mengirimkan pesan kepada pengguna lain, sebaiknya anda benar-benar mencantumkan isi email yang tepat dan professional.

Hardit has written 22 articles