Troubleshooting email double

Masalah

E-mail terkadang mengalami double dalam penerimaan maupun pengiriman.

Solusi/penjelasan

Penyebab terjadinya masalah double bisa diakibatkan oleh dua sisi mail server, baik server pengirim maupun server penerima. Masalah ini rentan terjadi di server-server IIX yang notabene memiliki bandwidth internasional terbatas. Kita tau user hosting aktif mengirim maupun menerima e-mail dari luar seperti Yahoo/Gmail. Dengan bandwidth yang kecil, ditambah suatu waktu load mailserver tinggi ini menyebabkan pengiriman/penerimaan macet dan terjadi antrian di server. Di saat load kembali normal, disini Qmail server mencoba mengirim ulang (retry) e-mail-e-mail dalam antrian. Nah di moment inilah Qmail sering mengirimkan lebih dari sekali e-mail hanya untuk memastikan bahwa e-mail dalam antrian terkirim sukses.

Penyebab lain masalah e-mail double ini terkadang didapati berasal dari sisi end usernya. Seperti contoh pada saat user mengirim menggunakan SMTP hosting. Sering user mendapati proses sending e-mailnya terlalu lama dikarenakan koneksi ISP yang ia pakai tidak stabil mengakses server SMTP hosting. User terkadang tidak tau pasti status pengirimannya berhasil atau tidak. Kebanyakan user melakukan sending ulang untuk memastikan e-mail yang dikirim benar-benar terkirim. Hal ini kadang banyak ditemukan di sisi penerima mendapat email-email double.

Intinya secara teknis email double ini dapat ditelusuri penyebabnya, antara lain sebagai berikut:

  • jika message ID dalam header e-mail yang diterima adalah sama, hal ini disebabkan dari sisi server baik karena load mailserver yang tinggi ataupun karena bandwidth internasional yang terbatas.
  • jika message ID dalam header e-mail yang diterima adalah berbeda, hal ini disebabkan dari sisi koneksi end user atau end user sendiri yang mengirimkannya berulang pada waktu hampir bersamaan.

Klien yang mengalami masalah e-mail double ini umumnya kami sarankan untuk migrasi ke server luar negeri sekalian yang notabene memiliki bandwidth internasional lebih baik dari server-server IIX.

Referensi lain

http://www.terryscomputertips.com/computers/multiple-email-copies-received.php

Resita has written 702 articles