Transfer Domain

Transfer domain adalah proses pemindahan registrar domain. Pemilik domain tetaplah sama, yang berpindah hanya registrarnya saja. Registrar adalah tempat pendaftaran domain, dapat berupa webhosting, registrar atau reseller registrar.

Contoh transfer domain adalah bila Anda ingin pindah domain (atau domain beserta hosting) dari tempat hosting lain ke MWN. Atau dari MWN ke sebuah registrar ritel misalnya GKG.NET, karena ingin memanage dan membayar sendiri perpanjangan domain tersebut dengan kartu kredit Anda misalnya.

Transfer domain disini tidak mengikut sertakan semua data hosting sebelumnya, yang berpindah hanya registrant domain saja bukan data, jika anda ingin pindahkan database/websitenya ke hosting kami, (pastikan anda sudah pesan hosting saja atau minimal add on untuk domain tersebut), silakan buka tiket support terlebih dahulu untuk perihal pindah data dengan mencatumkan url, user dan password hosting sebelumnya jika sudah selesai baru proses tranfer domain dilakukan.

Selama proses transfer domain, dns domain tidak dapat di rubah, sebaiknya anda melakukan perubahan dns domain tersebut di registrar lama sebelum proses transfer atau setelah proses transfer domain selesai via ticket suport dari acc masterkey anda ke bagian billing.

Kenapa transfer domain?

Domain ditransfer antara lain untuk memudahkan proses pembayaran, atau untuk memperoleh harga perpanjangan yang lebih murah di registrar yang baru.

Bagaimana prosedur transfer domain

  1. Anda daftar ke registrar baru lalu login.
  2. Anda memilih pilihan transfer domain di website registrar baru tersebut.
  3. Registrar baru akan memulai proses transfer domain dan mengontak registrar lama.
  4. Registrar lama memberi jawaban approve/reject terhadap permintaan transfer tersebut. Misalnya jika domain diset LOCK TRANSFER di registrar lama, maka akan otomatis dilock karena dilindungi dari percobaan transfer.
  5. Anda harus login ke registrar lama. Di website registrar lama Anda akan diberitahu mengenai adanya request transfer domain. Anda harus meng-approve request tersebut, lalu juga mengambil kode transfer rahasia (semacam password, transfer secret, EPP code). Jika tidak ada tindakan dari Anda di pihak registrar lama ini dalam 5 hari, maka otomatis request transfer akan batal. Kode EPP bisa juga diperoleh dengan cara request kirim email ke pengurus lama dengan asumsi alamat email Anda sesuai dengan yang terdaftar pada kontak whois domain (tergantung kebijakan pengurus domain), kode EPP formatnya tergantung registrart biasanya berupa digit kombinasi huruf kapital/kecil dan angka.
  6. Anda ke registrar baru dan mengkopikan kode transfer rahasia tersebut ke website registrar baru.
  7. Pihak registry mengapprove transfer ini dan mengupdate database.
  8. Transfer domain selesai.

Catatan: Domain otomatis sekaligus diperpanjang 1 tahun saat ditransfer, kecuali domain .id.

Transfer ke MWN

Untuk lakukan transfer domain ke MWN melalui Masterkey caranya:

  • Buka Masterkey,  klik menu Order/Pesan,
    *jika ingin transfer domain saja (tanpa hosting), pilih kategori Beli Domain Saja, namun jika ingin dihosting di MWN juga, maka pilih paket hosting yang tersedia.
  •  Pilih opsi “Transfer domain saya ke MWN
  •  Pada step Konfigurasi, isikan kode EPP > Update Keranjang Belanja
  •  Pada step Ringkasan Pesanan cek kembali pemesanan yang Anda lakukan, apabila sudah sesuai klik Checkout
  •  Sebelum menyelesaikan pesanan Anda dimintakan mengisi data-data yang akan digunakan sebagai pembuatan akun Masterkey (jika belum memiliki) tetapi jika Anda telah menjadi pelanggan MWN dan telah memiliki akun Masterkey klik bagian “Klik untuk login” > Centang kolom peraturan dan persetujuan Pelanggan > Selesaikan Pesanan.

Berikut beberapa hal yang diperhatikan jika ingin mentransfer domain Anda ke MWN:

  • domain tidak expired, minimal 1 bulan sebelum expire date, dan apabila baru melakukan perpanjangan di tempat lama harus menunggu 2 bulan baru bisa transfer
  • siapkan kode EPP, unlock domain dan disable proteksi whois (jika ada)
  • email admin kontak harus aktif melakukan approval dari registrar kami, setelah di-approve membutuhkan proses 7-14 hari untuk masuk ke sistem kami.

Beberapa domain tidak dapat ditransfer:

  • domain .WS;

Transfer domain .id:

  • Saat ini untuk transfer domain .id, disamping diperlukan EPP key, masih diharuskan mengupload dokumen seperti pendaftaran/registrasi domain baru.
  • Domain yang expired akan di lock dan tidak boleh di transfer ke registrar lainnya pada H -7 (hari kalender)
  • Persyaratan transfer out domain / dari MWN keluar:
  • Domain tidak boleh expired, Khusus domain id tidak boleh di transfer ke registrar lainnya pada H -7 (hari kalender)

Untuk domain Promo yang registrasi di MWN pada tahun pertama tidak dapat di transfer out / transfer ke luar MWN. Domain baru dapat di transfer jika anda telah melakukan perpanjangan untuk 1 tahun berikutnya.

Transfer dari MWN

Untuk trasnfer domain dari MWN ke tempat lain, silahkan kirim tiket/email ke departemen billing kami.

Untuk prosedur lengkap transfer out domain dapat di konfirmasi ke registrar baru, jika ada yang dapat kami bantu seperti; unlock domain, disable proteksi whois dsb, bisa di konfirmasi via ticket suport dari acc masterkey ke bagian billing.

Jabbar has written 31 articles