Tip mengirit space disk dengan kompresi

Anda memiliki banyak file statik, misalnya ribuan file .html, dan ini memakan ruang disk pada account Anda. Tip berikut dapat digunakan untuk mengirit ruang disk.

Pada document root (mis: direktori /s/example.com/www), atau subdirektorinya, Anda dapat menaruh file .htaccess yang isinya:

AddEncoding x-gzip .gz

Lalu Anda dapat mengkompresi semua file .html Anda dengan gzip, caranya jika di shell Unix/Linux:

$ gzip *.html

Rata-rata sebuah file .html dapat diperkecil 70% menjadi hanya sekitar sepertiga saja dari ukuran aslinya. Dengan direktif AddEncoding pada .htaccess, Anda dapat tetap men-serve file .html.gz ini sebagai file .html. Contohnya, jika Anda memiliki file tips.html.gz pada document root dan pengunjung situs Anda me-request URL: http://www.example.com/tips.html) maka meskipun file tips.html tidak ada, namun webserver Apache akan memberikan file tips.html.gz sebagai gantinya, dan pengunjung Anda dapat melihat langsung isi file.html yang telah didekompresi di browsernya.

Catatan

  • Untuk file-file gambar seperti .jpg, .gif, .png cara ini kurang efektif karena file-file tersebut sudah merupakan format yang terkompres, jadi dengan dikompres lagi menggunakan gzip, Anda tidak akan memperoleh pengiritan ruang disk.

Resita has written 702 articles