Subdomain alias

Apa sebetulnya maksud subdomain alias di Spanel?

Struktur direktori sebuah situs atau subdomain adalah sbb.:

/u/USER/sites/
  example.com/
    www/
    etc/
    syslog/
    qmail/
    ...
  members.example.com/
    ...
  sub2.example.com/
    ...

Setiap “site” (situs, subdomain) ditaruh dalam sebuah subdirektori di bawah sites/. Subdirektori ini memiliki struktur lagi di bawahnya, mis: www/ (untuk menaruh file-file website), etc/ (setting-setting), syslog/ (berisi log akses webserver, log error webserver, log penerimaan email, dll), qmail/ untuk menaruh email-email Anda, dll.

Subdomain alias diimplementasi dengan sebuah symlink ke subdomain lain:

/u/USER/sites/
  example.com/
  www.example.com -> example.com

Ini artinya, untuk website, jika kita mengakses www.example.com, yang akan muncul adalah isi dari example.com (isinya sama). Demikian juga jika Anda mengupload file-file ke example.com, di www.example.com juga akan terefleksikan perubahannya. Dan sebaliknya.

Demikian juga dengan email, jika kita mengirim ke steven@www.example.com maka sama dengan mengirim ke steven@example.com. Keduanya bisa dipakai.

Pemakaian space bisa diirit, karena kita tidak membuat 2 situs dengan isi berbeda. Yang satu, yaitu si alias, hanya merujuk ke situs lain.

Lebih dari satu alias. Anda bisa membuat alias-alias lagi ke subdomain yang sama, jadi bisa saja ada lebih dari satu alias untuk sebuah website:

 example.com
 www.example.com -> example.com
 web.example.com -> example.com

Menghapus alias. Jika alias dihapus, maka subdomain aslinya (yang dirujuk) tidak akan ikut terhapus.

Merujuk ke subdomain account lain. Tentu saja, untuk keamanan shared hosting, Anda tidak diperbolehkan membuat alias ke situs account lain.

Resita has written 703 articles