Statistik website di Spanel

Statistik website merupakan laporan periodik mengenai jumlah akses, jumlah pengunjung, profil pengunjung (OS yang dipakainya, tipe dan versi browsernya, dll), jumlah transfer data, halaman/direktori mana yang paling sering diakses, kata kunci apa saja di search engine yang digunakan orang, dsb dari sebuah website. Keberadaannya sangat penting untuk membantu kita mengetahui/mengerti: seberapa besar trafik ke website kita. Juga penting untuk menjadi dasar pengambilan keputusan, misalnya oleh calon pemasang iklan website, dll.

Di server hosting berbasis Spanel, laporan statistik sebuah website diupdate 2 kali sehari, dan dapat dilihat menggunakan alamat: http://SITENAME/webapps/stats, di mana SITENAME adalah nama website Anda. Sumber data mentahnya adalah dari log akses webserver, dan dioleh menggunakan software open source bernama Awstats, sebuah software statistik web yang popular.

Demi alasan keamanan, halaman statistik diproteksi oleh password. Username dan passwordnya dapat Anda buat (lebih dari 1) dari control panel dan dibagikan kepada orang yang Anda inginkan. Untuk membuat user/pass, ke control panel lalu menu Passwords, Webstat Passwords.

FAQ

Bagaimana mengubah tampilan laporan statistik menjadi bahasa Indonesia (atau Inggris)?

Login ke control panel, masuk ke Subdomain Manager, klik Prefs. Di sana ada opsi bahasa statistik. Silakan ubah lalu tekan Submit. Mohon maklum bahwa pengubahan bahasa ini tidak akan langsung berlaku, melainkan akan terjadi saat statistik digenerate ulang/diupdate, yaitu maks 1/2 s.d. 1 hari berikutnya.

Saya ingin halaman statistik saya tidak diproteksi password, agar bisa dilihat siapa saja

Halaman statistik bisa dibilang “dapur” sebuah website dan sebetulnya tidak disarankan untuk dibuka secara publik. Di dalamnya bisa tercantum username, URL “rahasia”, dll yang bisa membantu orang-orang yang tak bertanggung jawab untuk memperoleh akses lebih ke website Anda. Karena itulah maka halaman statistik diproteksi password.

Namun jika Anda tidak perduli dengan isu keamanan di atas, Anda bisa saja membuat username dan password misalnya “guest” “123”, lalu mencantumkannya di tempat publik seperti di halaman website Anda sendiri. Setiap orang jadi dapat melihat statistik.

Resita has written 705 articles