Spanel

Spanel adalah panel kontrol hosting yang digunakan dan dikembangkan sendiri oleh MWN. Walaupun juga menawarkan layanan hosting dengan server berbasis panel kontrol lain seperti cPanel dan Plesk, MWN hingga kini masih aktif juga menggunakan Spanel untuk server-server hostingnya maupun banyak server internal/publik lainnya. Hal ini dikarenakan karena Spanel dikembangkan sesuai dengan fitur dan kebutuhan MWN.

  • Berbasis Debian. Tidak banyak panel kontrol hosting yang mendukung Debian, apalagi yang komersial. Padahal, MWN banyak menggunakan Debian sebagai platform sistem operasi server yang sudah teruji dan familiar.
  • Fitur keamanan. Beberapa fitur keamanan yang dikembangkan di Spanel: eksekusi terproteksi dengan cgi-USER, RBL untuk skrip CGI, wrapper Sendmail yang lebih ketat, SMTPD yang memiliki fitur filtering/blacklisting lebih banyak, dll.
  • Opsi eksekusi PHP. Beberapa fitur PHP di Spanel: php.ini per subdomain/per situs, opsi untuk memilih PHP4 dan PHP5, opsi untuk memilih modus CGI atau modus modul Apache.
  • Backup dengan histori s.d. 3 bulan. Lihat artikel ini untuk detilnya: Backup di server. Di banyak panel kontrol hosting lain, sistem backupnya tidak sebanyak ini, misalnya cPanel hanya 1 harian + 1 mingguan + 1 bulanan. Spanel juga menyediakan interface berbasis web agar user hosting biasa dapat melakukan restore dari backup maupun dari histori backup, sehingga mengurangi beban staf support.

Singkat kata, kami dapat menyesuaikan Spanel dengan kebutuhan kami (MWN) dan pelanggan-pelanggan kami. Kami juga dapat memberikan dukungan teknis terbaik untuk Spanel karena Spanel kami kembangkan sendiri.

Resita has written 705 articles