Spam

Hi MWN’ers

Berikut penjelasan singkat tentang spam.

Apa itu spam?

Spam adalah penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki oleh penerimanya. Orang yang melakukan spam disebut spammer. Tindakan spam dikenal dengan nama spamming

Bentuk spam yang dikenal secara umum meliputi : spam surat elektronik, spam pesan instan, spam Usenet newsgroup, spammesin pencari informasi web (web search engine spam), spam blog, spam wiki, spam iklan baris daring, spam jejaring sosial.

Apakah spam dilarang?

Spam yang dihasilkan oleh akun hosting MWN dilarang. Contohnya, email yang dikirim dari webmail akun hosting atau yang dikirim menggunakan akun SMTP hosting. Spam tidak terbatas pada email melainkan semua fasilitas hosting yang digunakan klien. Contohnya, jika klien memasang bot/program yang memposting secara otomatis ke forum/blog web, maka jika postingnya berupa iklan yang tidak diinginkan, maka ini termasuk pula ke dalam spam.

Tentu saja, spam yang diterima oleh akun hosting MWN bukanlah tanggung jawab si pemilik akun. Contohnya, email-email spam yang diterima atau serangan spam ke forum/blog yang ada di akun hosting dari pihak lain. Ini adalah spam yang dihasilkan oleh pihak lain dan bukan tanggung jawab si pemilik akun. MWN akan berusaha melindungi/meminimalisasi spam yang diterima oleh akun-akun hosting.

Contoh-contoh apa saja yang termasuk spam?

  • mengirim email iklan kepada banyak alamat email, di mana alamat-alamat email tersebut tidak pernah meminta berlangganan secara spesifik sebelumnya (dengan kata lain, melakukan opt-out advertising).
  • mengirim email iklan kepada para member (atau orang-orang yang pernah meminta berlangganan email) tapi tidak menyediakan cara unsubscribe, atau tidak mengindahkan permintaan unsubscribe;

Pada dasarnya, MWN mengikuti definisi umum spam. MWN memegang wewenang mutlak menentukan apakah sebuah kegiatan merupakan spam atau bukan.

Mengapa spam dilarang?

  • Karena mengganggu dan tidak diinginkan oleh pihak penerima;
  • Karena menghabiskan bandwidth dan tenaga/perhatian orang lain (si penerima dan juga administrator email);
  • Karena memberatkan server;

Apa yang terjadi jika saya (sebagai pelanggan akun hosting) melakukan spam?

Anda akan menerima 2 kali peringatan, lewat tiket. Pada peringatan kedua, akun hosting Anda akan dinonaktifkan (disuspensi) sementara (minimal 1×24 jam atau lebih).

Bagaimana melaporkan spam yang dilakukan oleh pelanggan (akun hosting) MWN?

Silakan kirim tiket ke http://masterkey.masterweb.com/ dan pilih kategori Abuse. Harap sertakan email lengkap contoh spam (termasuk semua header emailnya).

Untuk tutorial full header Ms Outlook cek di link berikut : Ms Outlook

Untuk tutorial full header Thunderbird cek di link berikut : Thunderbird mail

Resita has written 702 articles