Sistem operasi server

Pertanyaan

Sistem operasi server mana yang sebaiknya saya pilih? Windows atau Linux? Saya menggunakan komputer workstation atau laptop Windows, apakah ini berarti saya harus menggunakan server Windows juga?

Jawaban

Sistem operasi di server tidak perlu sama dengan di komputer/laptop Anda.

Pada dasarnya, kami merekomendasikan sistem operasi server Linux karena itu yang paling sering kami pakai, sehingga paling kami kuasai sisi keamanan dan fiturnya, selain itu sifatnya gratis dan open source sehingga dapat Anda coba-coba dengan mudah pula seandainya ingin mencoba.

Gunakan server operasi server Windows jika memang membutuhkan beberapa fitur yang spesifik Windows misalnya ASP.NET dan database SQL Server.

Untuk PHP, MySQL/PostgreSQL, Apache, Anda *tidak* membutuhkan sistem operasi Windows dan dapat menggunakan Linux.

Yang biasanya perlu Anda perhatikan jika menggunakan sistem operasi server Linux adalah: nama file huruf besar dan huruf kecil dibedakan. Jadi misalnya Anda memiliki file index.html (huruf kecil semua) maka di file lain Anda harus melinknya dengan index.html pula, tidak bisa dengan INDEX.HTML atau Index.html. Agar amannya, gunakan huruf kecil semua untuk nama file maka Anda tidak akan mengalami masalah.

Resita has written 705 articles