Signature atau disclaimer email

Hi MWN’ers

Berikut ini adalah cara untuk menambahkan/membuat signature atau disclaimer pada setiap email yang terkirim.

cPanel

1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah login ke cPanel.

2. Setelah berhasil login, pada form pencarian silakan tulis “email”. Lalu klik Email Accounts.
Kemudian akan munculah beberapa akun email yang kamu buat. Akun email ini adalah email dengan nama domain kamu sendiri ya. Kemudian, pilih akun email yang diinginkan dan klik Access Webmail
3. Maka akan ada 3 pilihan interface untuk membuka email. Yaitu Horde, Roundcube dan SquirrelMail. Anda bisa memilih salah satu dari ketiga interface tersebut. Pada panduan ini akan dijelaskan cara membuat email signature di webmail dengan Roundcube. Untuk itu, silakan klik logo roundcube
cara membuat email signature
4.Membuat Email Signature di WebmailTunggu sebentar maka akan diarahkan ke halaman dashboard roundcube. Untuk membuat template email signature, silakan klik Settings.

cara membuat email signature

Kemudian di sebelah kiri silakan klik Identities. Nah, sekarang saatnya membuat email signature.
Display Name
Pada bagian Display Name, silakan tulis siapa kamu. Misalnya kamu berperan sebagai tim HRD di suatu perusahaan X, silakan tulis TIM HRD Perusahaan X. Pada contoh kali ini, akan ditulis Tim DomaiNesia pada bagian display name.
Email
Silakan tulis alamat email domain/ email perusahaan kamu
Organization
Silakan tulis nama perusahaan atau nama divisi
Reply To
Digunakan untuk menuliskan alamat email tujuan (yang ingin dibalas). Saran Kami, biarkan kosong saja. Karena ada banyak alamat email tujuan.
Bcc
Digunakan untuk menuliskan alamat email lainnya. Biarkan kosong saja.
Silakan klik Set default agar otomatis tersimpan.

cara membuat email signature

Pada bagian Signature, silakan tulis signature/ kata-kata yang diinginkan. Kamu bisa menuliskan kata-kata penutup, nama pengirim, alamat pengirim, ataupun yang lainnya. Nah jika ingin menambahkan gambar atau logo, silakan klik/ beri tanda centang dibagian HTML signature. Kemudian silakan klik icon gambar.

cara membuat email signature

Kemudian klik gambar folder. Kemudian pilih gambar yang kamu inginkan.

cara membuat email signature

Kemudian klik Add image. Pilih logo/ gambar yang diinginkan.

cara membuat email signature

Jika sudah, silakan klik pada nama logo/ gambar. Oiya, ukuran gambarnya jangan terlalu besar ya! Ukuran yang diperbolehkan maksimal 64 KB saja.

Jika sudah, silakan klik Ok.

cara membuat email signature

Jika ukuran gambar terlalu besar atau terlal kecil, silakan disesuaikan. Apabila sudah semua, jangan lupa klik Save. Maka akan muncul tulisan Successfully saved.

Spanel

1. Ke menu Subdomain > Kelola Subdomain. 2. Pilih Setting pada subdomain yang Anda inginkan. 3. Pada bagian Email, Tanda tangan email isikan teks disclaimer yang Anda inginkan. 4. Klik Submit.

Maka nanti setiap Anda menggunakan webmail, mengirim email menggunakan skrip PHP/CGI, maupun menggunakan SMTP server hosting (dengan otentikasi user+password POP) maka teks signature/tanda tangan email tersebut akan ditambahkan oleh server.

Tanya jawab

Mengapa ketika saya mengirim menggunakan Outlook Express, Thunderbird, dsb, signature/disclaimer tersebut tidak muncul, tapi ketika menggunakan webmail muncul?

Pastikan setting SMTP Anda:

  • server haruslah server hosting (mail.NAMADOMAIN-ANDA) dan bukan SMTP ISP atau Gmail/Yahoo atau lainnya;
  • Anda harus menghidupkan otentikasi SMTP, gunakan user dan password akun POP Anda (mis: user@NAMADOMAIN-ANDA dan password POP-nya).

Resita has written 702 articles