Setting Zoho Mail

Hi MWN’ers

Di panduan kali ini kita akan membahas tentang Zoho Mail, cara setting dan bagaimana pengunnaanya.

Apa itu Zoho?

Zoho adalah suatu aplikasi online yang membantu untuk memecahkan segala masalah bisnis/ perusahaan. Zoho menyediakan berbagai macam aplikasi yang berhubungan dengan teknologi informasi serta aplikasi pengembangan manajemen bisnis. Dikutip dari Wikipedia, Zoho didirikan oleh Sridhar Vembu dan Tony Thomas di Pleasanton, California pada tahun 1996. Zoho memiliki beberapa varian produk yang dikelompokkan dalam berbagai divisi seperti:

1. Sales Marketing
Adapun produk dari Sales Marketing seperti aplikasi CRM, Form, Social, SalesIQ, SalesInbox, Campaigns, Motivator, PageSense, Sites, ContactManager dan sebagainya.
2. Finance (Keuangan)
Adapun produk dari Keuangan misalnya aplikasi pengatur keuangan, inventarisasi, pengelolaan invoice, penghitungan expense, checkout dan sebagainya.
3. Email & Collaboration
Dalam pengelolaan email, Zoho memiliki fasilitas penyimpanan email di cloud dan memungkinkan adanya kolaborasi email dengan berbagai user. Kamu bisa membuat email dengan nama domain sendiri, membuka lampiran email langsung via Zoho, melakukan chat atau rapat online dengan karyawan dan sebagainya.
4. IT & Help Desk
Di Zoho kamu juga bisa menikmati fasilitas servicedesk plus, site24x7, assist serta mobile device management.
5. Human Resources
Untuk mempermudah urusan penerimaan pegawai, Zoho juga menyediakan aplikasi human resources lengkap dengan analisa dan integrasi otomatis.
6. Custom Solutions
Untuk kebutuhan lebih, Zoho menyediakan aplikasi custom yang dapat diintegrasikan dengan berbagai platform seperti Slack, Trello, Gmail, Asana, Creator, Zoho Desk maupun Zoho CRM.
Nah pada panduan ini akan dijelaskan mengenai cara setting email Zoho saja ya! Untuk lebih jelas mengenai Zoho dan fasilitasnya, kamu bisa cek di https://www.zoho.com/

Berikut cara setting custom domain di Zoho / Zoho Mail.

Buka www.zoho.com, kemudian register (signup)

Isi form data yang dibutuhkan, setelah register silahkan klik nama akun anda dan klik zoho mail. Jika proses register sudah selesai maka sesaat anda akan diminta untuk melakukan verifikasi dengan memasukkan Cname, masukkan sesuai perintah.

Setelah proses registrasi selesai anda akan diminta untuk menambahkan cname dengan nama zb**** dengan isi host domain.zoho.com, dan kita juga diminta memasukan MX dengan nilai mx.zohomail.com dan mx2.zohomail.com .

Maka untuk memasukan Cname dan MX tsb kita bisa set dari sPanel atau cPanel.


 

Untuk anda pengguna sPanel anda bisa memasukan Cname dimenu berikut:

1. Login ke sPanel lalu klik menu Domain > Kelola Domain dan DNS > Namadomainanda > Sunting DNS

2. Lalu ke kolom bagian paling bawah tambah Cname

3. Klik tambah record cname. Hingga muncul kolom baru

4. Klik Update dan klik selesai jika sudah. Tunggu proses resolve Cname 15-30 menit kedepan. Lalu kembali ke jendela Zohomail dan klik tombol verify

5. Jika proses verifiy di Zoho berhasil maka langkah terakhir adalah mengarahkan MX. Langkahnya sama seperti langkah nomor 1. Hanya masukan dikolom MX.

5. Klik Update dan klik selesai jika sudah. Tunggu proses resolve MX.Untuk proses ini tidak bisa diperkirakan waktunya. Penulis mendapati bahwa email zoho baru bisa digunakan keesokan harinya karena proses propagasi MX secara global terkadang membutuhkan waktu paling cepat 1×24 jam.

 

Untuk anda pengguna cPanel anda bisa memasukan Cname dimenu berikut:

1. Login ke cPanel lalu klik menu Advance Zone Editor, Pada menu tsb tambahkan Cname-nya. Samakan dengan nilai/value cname yang anda dapatkan dari pihak zoho.

 

2. Untuk memasukan MX silahkan ke menu MX entry lalu masukan nilai MX-nya. Lalu simpan. Tunggu paling cepat 1×24 jam untuk resolve

Selamat mencoba.

Syaiful has written 23 articles