Redirek

Masalah

Anda ingin melakukan redirek (pengalihan) otomatis, jika ada yang mengakses halaman www.example.com Anda ingin agar otomatis diarahkan ke www.example.org.

Solusi

Ada beberapa cara:

subdomain alias

Jika subdomain www.example.com belum ada, dan akun Anda domainnya adalah example.com, dan example.org juga berada di akun hosting yang sama, maka Anda dapat membuat Subdomain alias. Buatlah subdomain www.example.com yang merupakan alias ke www.example.org. Maka tiap kali orang mengakses www.example.com, yang muncul adalah isi dari www.example.org.

subdomain redireksi

Jika subdomain www.example.com belum ada, dan akun Anda domainnya adalah example.com, dan example.org tidak berada di akun hosting yang sama, maka Anda dapat membuat Subdomain redireksi. Caranya: ke menu Domain > Kelola Subdomain. Lalu klik Tambah Subdomain lalu pilih Redireksi. Masukkan alamat tujuan yaitu www.example.org. Klik Tambah/Submit.

redireksi htaccess

Jika subdomain www.example.com sudah ada (dan tidak bisa dihapus lalu dibuat ulang seperti 2 cara di atas), Anda bisa menambahkan file .htaccess di DocumentRoot situs www.example.com yang isinya:

Redirect / http://www.example.org/

Perhatikan tanda garis miring harus persis (di sebelah kiri dan di sebelah kanan harus ada).

redireksi HTML

Sebagai alternatif membuat file .htaccess, bisa juga Anda membuat file index.html (atau index.htm) di DocumentRoot situs www.example.com yang isinya sbb:

<META HTTP-EQUIV=Refresh CONTENT="0;url=http://www.example.org/">

Di mana www.example.org adalah alamat tujuan pengalihan yang diinginkan.

redireksi PHP

Alternatif lain adalah lewat skrip PHP. Anda hanya perlu mendefinisikan lokasi tujuan redirek pada header skrip PHP. Caranya adalah membuat file index.php (untuk menghindari konflik, pastikan hapus dulu index.html dan atau index.htm) di DocumentRoot yang isinya:

<?php header('Location: http://www.example.org/') ?>

Dengan www.example.org adalah alamat tujuan pengalihan/redirek yang diinginkan.

redireksi www ke non-www via .htaccess

Jika ingin mengalihkan akses dari www ke tanpa www (memaksa ke domain utama) bisa gunakan baris rewrite pada .htaccess

RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^www\.(.*)$ [NC]
RewriteRule ^(.*)$ http://%1/$1 [R=301,L]

Rama has written 18 articles