Python

Python adalah bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Guido van Rossum dan popular sebagai bahasa skripting dan pemrograman Web.

Merujuk pengertian dari wikipedia,

Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Python diklaim sebagai bahasa yang menggabungkan kapabilitas, kemampuan, dengan sintaksis kode yang sangat jelas, dan dilengkapi dengan fungsionalitas pustaka standar yang besar serta komprehensif.

Python mendukung multi paradigma pemrograman, utamanya; namun tidak dibatasi; pada pemrograman berorientasi objek, pemrograman imperatif, dan pemrograman fungsional. Salah satu fitur yang tersedia pada python adalah sebagai bahasa pemrograman dinamis yang dilengkapi dengan manajemen memori otomatis. Seperti halnya pada bahasa pemrograman dinamis lainnya, python umumnya digunakan sebagai bahasa skrip meski pada praktiknya penggunaan bahasa ini lebih luas mencakup konteks pemanfaatan yang umumnya tidak dilakukan dengan menggunakan bahasa skrip. Python dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat lunak dan dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi.

Saat ini kode python dapat dijalankan di berbagai platform sistem operasi, beberapa diantaranya dalah:

Linux/Unix, Windows, Mac OS X , dll

Python didistribusikan dengan beberapa lisensi yang berbeda dari beberapa versi. Lihat sejarahnya di Python Copyright. Namun pada prinsipnya Python dapat diperoleh dan dipergunakan secara bebas, bahkan untuk kepentingan komersial. Lisensi Python tidak bertentangan baik menurut definisi Open Source maupun General Public License (GPL).

 

Instalasi

Python sudah tersedia default di semua server hosting berbasis Linux.

Membuat dan Menjalankan Contoh program python (.py) di server Spanel/Cpanel

Program test.py

Buat lah file bernama test.py (bisa menggunakan notepad/text editor apapun) dan isikan baris text berikut di dalam file tsb:

Simpan file anda yaitu test.py tsb. Upload ke hosting anda.
Untuk sPanel sebagai berikut:==

1. Login ke sPanel anda. Dengan alamat http://namadomainanda/spanel (contoh : http://masterweb.com/spanel).

2. Setelah Anda sukses login control panel, silakan klik menu Kelola File.

3. Klik folder sites >> namadomainanda >> www

4. Klik File >> Upload File untuk mengupload file

5. Pilih Browse dan pilih data anda yang akan di upload (file yang tadi sudah dibuat)

6. Klik Tombol Upload

7. Jika proses upload selesai, maka langkah selanjutnya Ubah permission file test.py tsb pastikan ke permission 755. Caranya klik set mode pada file test.py tsb lalu

8. Buat file baru dan beri nama .htaccess dan isikan handlernya sesuai gambar berikut:


Untuk cPanel sebagai berikut:==

1. Login ke cPanel anda. Dengan alamat http://namadomainanda/cpanel (contoh : http://masterweb.com/cpanel).

2. Setelah Anda sukses login control panel, silakan klik menu File Manager

3. Klik public_html

4. Klik Upload untuk mengupload file

5. Pilih Browse dan pilih data anda yang akan di upload (file yang tadi sudah dibuat)

6. Ubah permission ke 755 dan buat juga .htaccess untuk handler python tsb dengan isi text : Addhandler cgi-script .py .pl .cgi sama seperti langkah di sPanel
Langkah terkahir yaitu menjalankan program yang sudah kita buat yaitu akses dari browser. Lalu buka file dengan alamat dibrowser http://namadomainanda/test.py maka hasilnya akan seperti ini:

Resita has written 706 articles