PHP di Debian Lenny

Server hosting Linux saat ini menggunakan OS Debian. Artikel ini mendaftarkan beberapa perbedaan PHP yang ada di Debian dengan yang standar. (Catatan: lihat juga artikel PHP untuk mengenal setting lengkap PHP di server hosting, termasuk cara memilih versi PHP4/PHP5, setting-setting keamanan yang disediakan, dll).

  • Ekstensi dbase tidak disediakan. Ini karena lisensi dbase dianggap tidak free menurut standar Debian, karena hanya boleh digunakan untuk keperluan non-profit. Yang berarti jika website Anda adalah website komersial, sebetulnya tidak diperbolehkan menggunakan extension ini tanpa izin.
    Tapi jika Anda membutuhkan extension dbase ini, silakan hubungi kami. Kami bisa menginstalkannya untuk Anda baik di server Spanel maupun cPanel.
  • Ekstensi pdflib tidak tersedia. Juga karena sifatnya non-free. Sebagai pengganti fungsionalitasnya dalam menggenerate dokumen PDF, Anda dapat menggunakan fpdf.
  • Ekstensi gd tidak memiliki beberapa fungsi tertentu. Contohnya fungsi imagerotate(). Ini dikarenakan gd di PHP Debian menggunakan librari gd standar dari distribusi Debian, bukan librari gd yang diinclude oleh distribusi PHP. Padahal librari yang didistribusi PHP adalah yang sudah dimodifikasi oleh tim PHP dan memiliki beberapa tambahan yang tidak/belum tersedia di GD standar. Hal ini mungkin akan diperbaiki Debian di kemudian hari. Namun, di Spanel ini tidak berlaku, karena Spanel juga menyediakan extension gd yang menggunakan librari gd bundled PHP. Jadi Anda tidak perlu kuatir dengan masalah gd di Debian.
  • Setting path. Lokasi php.ini global ada di /etc/php4/cgi/ untuk PHP4, dan /etc/php5/cgi/ untuk PHP5. Lokasi file-file temporary seperti session ada di /var/lib/php4 (/var/lib/php5).

Resita has written 702 articles