Pesan error invalid hostname atau gagal mengakses database di phppgadmin

Masalah

Saat login menggunakan aplikasi web PHPPgAdmin yang disediakan di server (http://HOSTNAME/webapps/phpmyadmin), muncul pesan kesalahan “Invalid hostname”. Padahal saya sudah memasukkan username dan password database yang benar.

Atau, berhasil login, tapi saat mengklik tree navigasi database di frame kiri, ketika mengklik database, gagal terbuka.

Solusi/jawaban

Demi alasan keamanan, Anda perlu menggunakan HOSTNAME yang dimiliki oleh account yang sama dengan account yang Anda pakai untuk menciptakan database PostgreSQL yang bersangkutan.

Contoh, account hosting Anda adalah t10000. Account ini domainnya adalah example.com. Di account ini Anda membuat database t10000_db1. Sementara itu misalnya Anda memiliki account hosting lain yaitu t20000. Domain account ini adalah example.org. Di account ini ada database t20000_db2.

Maka untuk memanage database t10000_db1, Anda perlu mengakses http://example.com/webapps/phppgadmin dan bukan http://example.org/webapps/phppgadmin , karena database t10000_db1 dimiliki oleh account t10000, yang domainnya adalah example.com dan bukan example.org. Demikian juga sebaliknya database milik account lain perlu diakses dari domain/hostname masing-masing.

Resita has written 702 articles