Pengertian Domain

Hi! Mwn’ers

Apa yang dimaksud dengan Domain ? Pengertian domain adalah sebuah nama unik untuk mengidentifikasi suatu server komputer (seperti web server, mail sever) di jaringan komputer atau internet sehingga pengguna lebih mudah untuk mengaksesnya tanpa harus mengingat IP address server tersebut.

Fungsi nama Domain disini tentunya dapat membantu dan mempermudah kita mengingat alamat website yang kita punya.

Jenis – Jenis Domain

1. TLD ( Top Level Domain )

Pengertian domain TLD merupakan sebuah bagian dari nama Domain atau alamat website yang terletak dibagian kanan sampai tanda titik. misalnya untuk nama Domain www.utopicomputers.com Top Lavel Domainnya adalah .com. Top Level Domain sendiri terbagi menjadi dua yaitu Global Top Level Domain ( gTLD ) contoh domain TLD antara lain .com, .net, .org, .gov, .sch, .ac dll  dan Country Code Top Level Domain (ccTLD) contohnya .id, .sg, .uk, dan lain sebagainya

2. Second Level Domain (SLD)

Pengertian nama domain SLD merupakan sebuah nama yang pernah teman-teman daftarkan, Contoh nama domain SLD untuk website www.utopicomputers.com Second Level Domainnya adalah “utopicomputers”.

3. Third Level Domain

Pengertian domain Third Level Domain merupakan sebuah nama Domain yang sobat dapat berikan sebelum TLS dan SLD misalnya Teman-teman ingin membuat web untuk keperluan email, kalian bisa menambahkan webmail.namadomain.com kemudian untuk keperluan pencarian teman-teman bisa menambahkan search sebelum namadomain.com ( search.namadomain.com ), Third Level Domain sendiri biasanya juga disebut dengan Subdomain.

Panji has written 21 articles