Pembatasan pengiriman email

Apa itu pembatasan pengiriman email?

Di server Spanel, pengiriman menggunakan sendmail (yang biasanya dilakukan oleh skrip PHP/CGI) dibatasi misalnya maksimum 50 buah email dalam rentang 1 jam, atau 200 email dalam rentang waktu 1 hari dan berlaku juga untuk smtp.

Mengapa pengiriman email dibatasi?

Tujuan utama pembatasan pengiriman email adalah untuk memperkecil dampak samping seandainya akun hosting Anda disalahgunakan oleh spammer/exploit untuk mengirimkan banyak email spam. Dengan memperkecil jumlah email maksimum yang dapat dikirim per jam atau per hari, maka jumlah email spam yang sempat terkirim oleh sebuah akun yang dibobol spammer sebelum diketahui oleh staf admin kami menjadi lebih sedikit.

Pembatasan ini berguna karena jika tidak, sebuah akun hosting yang terserang exploit/spam bisa mengirimkan puluhan ribu email spam/bom dalam waktu singkat (dalam hitungan 1-2 jam). Ini selain merugikan penerima/korban spam, juga mengakibatkan server hosting diblacklist di berbagai RBL, sehingga mengganggu pengiriman email oleh akun hosting lainnya di server hosting tersebut.

Limit ini terlalu kecil! Bagaimana memperbesarnya?

Jika Anda ingin mengirim email lebih banyak, misalnya untuk newsletter atau milis, silakan hubungi staf support kami dengan mengirim tiket untuk meminta limit ini dinaikkan, misalnya katakanlah jadi 500 email per hari. Mohon sebutkan alasan/tujuan Anda (misalnya: newsletter ini untuk tujuan apa atau siapa anggotanya) untuk menghindari salah paham. Kami tidak dapat mengizinkan pengiriman newsletter jika sifatnya adalah spam.

Reset Limit Counter sPanel

Untuk pengguna sPanel terdapat limit counter per-hours & per-days. Berikut contoh kasus pada pengiriman email :

Untuk reset counter per-hours, Misalnya : Pada tanggal 1/01/2015 jam 11:30wib user@email.com melakukan pengiriman email sebanyak 20 email lalu Pada tanggal 1/01/2015 jam 11:40wib melakukan pengiriman email sebanyak 10 email Limit total 30 email/hour Email tersebut akan tereset pada jam 12:30wib berkurang 20 email dari total limit jadi limit total 10 email/hour pada jam tersebut.

Untuk reset counter per-days, Misalnya : Dikarenakan sebelumnya adanya aktifitas pengiriman email pada tanggal 1/01/2015 jam 11:30wib & jam 11:40wib dengan total 30 email/days. Untuk limit per-days akan direset pada esok hari dijam yang sama jika pada kasus diatas maka email limit per-days akan di reset pada tanggal 2/01/2015 jam 11:30wib dan jam 11:40wib sesuai waktu pengiriman dihari sebelumnya.

Resita has written 702 articles