Panduan WolfPress/Menggunakan Plesk

Hi MWN’ers

Dalam pembahasan kali ini, admin akan menjelaskan mengenai bagaimana caranya menggunakan control panel Plesk. Sebelum ke pembahasan selanjutnya, admin akan infokan terlebih dahulu mengenai pengertian dari control panel Plesk ini.

Plesk adalah salah satu perangkat lunak untuk pengaturan pada web hosting. Pada rilis pertama,Plesk berada di bawah perusahaan AS Plesk Inc dan dirancang di Novosibirsk, Rusia. Plesk saat ini tersedia bagi OS server Windows dan Linux. Keduanya adalah produk yang berbeda, walaupun diberi merek yang sama yaitu Plesk.

Dengan aplikasi control panel hosting, seseorang dapat mengelola akun hostingnya dengan lebih mudah yaitu melalui browser. Termasuk di antaranya mengunggah berkas-berkas ke akun hosting, menginstal aplikasi web, membuat akun surel, dan masih banyak lagi.

Plesk dibuat untuk memudahkan customer dalam melakukan manajemen terhadap akun hosting miliknya. Terdapat banyak sekali tools untuk melakukan manajemen terhadap website, mailboxes, database, dan lainnya.

Berikut adalah tampilan antarmuka dari control Panel Plesk :

1. Pada bagian ini ditampilkan user yang sedang login, dan layanan hosting yang dimiliki nya.

2. Terdapat juga menu Help. Menu Help berguna untuk melihat online tutorial dan menonton video tutorial.

3. Terdapat juga menu Search.

4. Bagian ini menampilkan bagan navigasi yang mudah dilihat oleh pengguna. Tools yang tersedia dikelompokan berdasarkan fungsi nya, sebagai contoh, tools untuk manajemen setting web hosting bisa ditemukan dihalaman Websites & Domains, untuk manajemen email bisa ditemukan dihalaman Mail.

Berikut adalah deskripsi singkat mengenai halaman berdasarkan fungsi nya:

  • Websites & Domains. Tools yang tersedia disini ditujukan untuk menambah dan menghapus domain, subdomain serta domain alias. Juga tersedia tools untuk manajemen web hosting seperti pembuatan dan manajemen database dan manajemen user database, manajemen DNS dan manajemen sertifikat SSL.
  • Mail. Tools present here enable customers to add and remove mail accounts, as well as manage mail server settings.
  • Applications. Tools yang tersedia disini ditujukan untuk kemudahan instalasi dan menajemen aplikasi web.
  • Files. Tools berupa web-based file manager yang memudahkan user untuk upload content ke dalam website miliknya, juga untuk manajamen file/folder yang sudah ada.
  • Databases. Halaman ini berfungsi untuk pembuatan database ataupun manajemen database yang sudah ada.
  • Statistics. Informasi mengenai penggunaan disk dan trafik kedalam website terdapat dihalaman ini, data trafik ditampilkan secara detail untuk mengenai siapa saja pengunjung website.
  • Users. Tools yang berfungsi untuk membuat user baru dan manajemen user yang sudah ada.
  • Account. Menampilkan informasi mengenai penggunaan sumber daya sesuai layanan yang dimiliki. Tools yang ada disini juga memuat fasilitas untuk manajemen data user dan juga untuk back up dan restore data website.

5. Bagian ini juga menampilkan semua tools yang tersedia dan sedang digunakan. Didalam screenshot, terlihat halaman Websites & Domains sedang dibuka.

6. Bagian ini juga menampilkan berbagai kontrol terhadap fasilitas yang tersedia demi untuk kenyamanan pengguna.

Lebih lanjut dalam panduan ini, akan diberikan petunjuk yang menjelaskan bagaimana melakukan pekerjaan dalam Plesk Panel. Dalam kebanyakan kasus, diinstruksikan kepada pengguna untuk membuka salah satu tab dan klik salah satu kontrol yang ada di sana. Jika tab atau kontrol yang bersangkutan tidak ada dari panel, alasan yang paling mungkin adalah bahwa hal itu dinonaktifkan untuk layanan yang bersangkutan. Pelanggan yang menemukan situasi ini, perlu menghubungi penyedia layanan untuk mendapatkan bantuan.

Untuk cara bagaimana menggunakan control panel Plesk dapat kamu lihat panduannya disini: https://kb.masterweb.com/panduan-plesk-untuk-pengguna.html

machyuliyah has written 11 articles