Panduan Plesk Untuk Pengguna/Topik/Kelola Database Pengguna

Ketika Anda bekerja dengan database di Plesk, Plesk mengakses database atas nama akun pengguna yang berhubungan dengan database. Oleh karena itu, setiap database harus memiliki akun pengguna setidaknya satu yang terkait; jika tidak, Anda tidak akan dapat mengaksesnya.

Setiap pengguna database dapat ditetapkan sebagai default untuk database tertentu. Plesk akan selalu mengakses database menggunakan kredensial pengguna standar ini bahkan jika ada pengguna lain yang terkait dengan database. Jika database telah beberapa terkait account pengguna, dan tidak satupun dari mereka adalah default, akun pertama dari daftar akan digunakan.

 

Jenis database Pengguna

Ada dua jenis akun user database di Plesk:

1. Account pengguna yang memiliki akses ke satu database tertentu.

Jika Anda berkolaborasi dengan orang lain pada pengelolaan situs web dan ingin memberikan mereka akses ke database, Anda harus membuat akun pengguna yang terpisah untuk mereka. Masing-masing akun tersebut digunakan untuk mengakses hanya satu database. Dalam hal ini, Anda pertama kali membuat database dan kemudian akun pengguna.

2. Account pengguna Universal yang memiliki akses ke semua database.

Pengguna Universal memiliki akses tidak hanya untuk semua database yang ada, tetapi untuk semua database yang baru dibuat juga.

Jika Anda berencana untuk menginstal sejumlah aplikasi web di situs Anda, mungkin mudah untuk membuat satu akun pengguna universal, sehingga semua aplikasi dapat mengakses database mereka menggunakan akun ini. Dalam hal ini, Anda pertama kali membuat akun pengguna dan kemudian tentukan ketika menginstal aplikasi.

Note: Seorang pengguna yang universal hanya bertindak dalam satu database server. Jika Anda menggunakan beberapa server database, membuat account pengguna yang universal terpisah untuk setiap server.

Operasi dengan database Pengguna

Anda dapat membuat, memperbarui atau menghapus pengguna database dengan pergi ke Websites & Domains > Databases > User Management.

Saat membuat pengguna database, Anda akan diminta untuk memberikan kredensial pengguna untuk mengakses database dan nama database yang ditentukan pengguna akan mengakses. Seorang pengguna database universal dapat dibuat dengan memilih Any untuk Database.

Notes:

1. Anda dapat menghapus pengguna database default hanya dengan menghapus database yang terkait dengan pengguna ini. Atau, Anda dapat mengedit pengguna dan jelas Make default pengguna untuk pilihan database ini, dan kemudian menghapus pengguna.

2. Jika pengguna database diciptakan oleh sebuah aplikasi ASP, Anda dapat menghapus pengguna ini hanya dengan menghapus aplikasi masing-masing.

3. Sebuah password database pengguna harus minimal 5 karakter, tidak boleh berisi username atau karakter meja diperpanjang ASCII.

Control Akses

Mulai dari Plesk 12,0, Anda dapat mengizinkan atau melarang akses remote ke database, atau mengizinkan akses hanya dari host tertentu. Pengaturan akses berlaku untuk account database pengguna individu. Untuk rincian, lihat bagian Menyiapkan Aturan Akses Kustom.

Permissions User Database

Jika Anda menggunakan MySQL atau Microsoft SQL Server, Anda dapat mengelola izin untuk pengguna database melalui Plesk UI, seperti izin untuk melakukan operasi pada struktur tabel dan data. Untuk MySQL izin ini Pilih, Insert, Buat, Drop dan sebagainya, dan untuk Microsoft SQL Server izin ini peran database-tingkat seperti db_ddladmin, db_datareader, dan sebagainya.

Untuk membantu Anda memberikan izin, Plesk menggunakan template dari izin set disebut peran. Setiap akun pengguna database pada penciptaan diberikan default set izin. Ini set izin sesuai dengan Baca dan peran Write. Peran lain yang didukung adalah Read Only dan Menulis Only. Selain itu, MySQL memungkinkan peran Kustom dengan set yang ditetapkan pengguna hak istimewa.
Untuk mengubah hak akses dari pengguna database MySQL:

1. Buka Websites & Domains > Databases > User Management dan klik username database.

Secara default, pengguna database yang baru dibuat memiliki attribute Read dan Write. Anda dapat melihat dan mengubah hak istimewa termasuk dalam peran ini

2. Untuk mengizinkan akses membaca atau menulis akses hanya, pilih peran yang sesuai (Read Only or Write Only).

3. Untuk menambah atau menghapus hak istimewa dari peran sudah dipilih bagi pengguna, memilih atau menghapus kotak centang yang sesuai (Select,Insert, Update, dan seterusnya).

Catatan: bahwa jika Anda mengubah set hak istimewa, peran menjadi Custom.
Untuk mengubah hak akses dari pengguna database SQL Server:

1. Buka Websites & Domains > Databases > User Management dan klik username database.

Secara default, pengguna database yang baru dibuat memiliki rule Read and Write.

2. Untuk mengizinkan hanya akses membaca atau menulis, pilih peran yang sesuai (Read Only or Write Only).
Perubahan otomatis pada rule user

Penyedia hosting dapat menambah atau menghapus izin yang diberikan dengan peran yang berbeda.

Pada MySQL, modifikasi ini tidak mempengaruhi hak akses pengguna database yang ada. Satu-satunya hal yang berubah adalah peran mereka dalam Plesk – itu akan mengubah ke Custom karena izin mereka tidak lagi sesuai dengan peran mereka sebelumnya (Baca dan Tulis, Read Only, atau Menulis Only). Pada Microsoft SQL Server, perizinan (database-tingkat peran) dari pengguna yang ada berubah sesuai dengan perubahan yang dibuat oleh penyedia hosting.

Penyedia hosting secara permanen dapat menyangkal beberapa izin untuk semua pengguna database MySQL, misalnya, izin untuk menghapus objek. Dalam hal ini, izin ini tidak ditampilkan di Plesk. Pada Microsoft SQL Server, jika izin tersebut dikeluarkan dari semua peran Plesk, itu ditolak untuk semua pengguna.

Resita has written 705 articles