Panduan Plesk Untuk Pengguna/Topik/Domain dan DNS

Website dan DNS

Seperti dijelaskan dalam bab Quick Start dengan Plesk, menciptakan keberadaan web Anda selalu dimulai dengan membeli nama domain. Nama domain (atau hanya, domain) adalah nama yang digunakan orang untuk mengakses situs Anda dari browser mereka, misalnya, www.example.com. Pendaftaran domain dilakukan oleh perusahaan yang berwenang – nama domain pendaftar. Penyedia hosting sering melaksanakan fungsi ini. Untuk informasi rinci tentang bagaimana mengelola domain di Plesk, mengacu pada Domain bagian dan DNS.

Namun, domain bukanlah sebuah website. Untuk membuatnya dapat diakses dari web dan mengisinya dengan konten, Anda harus berlangganan layanan hosting (mendapatkan rekening nasabah). Itu adalah untuk melengkapi domain Anda dengan konektivitas internet, beberapa ruang disk untuk menyimpan konten Anda, layanan surat, dan sebagainya. Dengan demikian, website adalah domain dengan layanan hosting yang disediakan.

Plesk menyediakan berbagai operasi dalam hal domain dan website:

  • Menambahkan dan menghapus domain, subdomain, dan alias.
  • Mengelola konten website Anda.
  • Instalasi berbagai aplikasi web.
  • Mengamankan koneksi ke website Anda dan banyak lagi.

Bab ini memberikan informasi rinci tentang semua operasi yang mungkin pada website dan domain di Plesk. Perhatikan bahwa beberapa operasi ini mungkin tidak tersedia sesuai dengan rencana hosting Anda.

Domain dan DNS

Sebuah nama domain adalah nama yang orang ketik di browser mereka untuk mengakses website Anda.

Sebuah nama domain adalah hirarkis dan dapat terdiri dari sejumlah bagian yang disebut label:

  • Label terjauh ke kanan disebut domain tingkat atas. Misalnya, com adalah domain top-level www.example.com. Jumlah domain tingkat atas terbatas dan semuanya dikelola oleh otoritas internasional yang terpisah.
  • Domain tingkat kedua adalah label yang terutama kita gunakan untuk menyiratkan tujuan website kami. Dalam www.example.com itu adalah bagian theexample. Kombinasi dari nama-nama tingkat kedua dan top-level domain menentukan lokasi yang tepat dari website Anda.
  • Setiap label di sebelah kirinya adalah subdomain dari domain ke kanan. Misalnya, www adalah subdomain dari example.com. Subdomain dapat nyaman ketika Anda ingin mengisolasi beberapa konten dari situs utama, misalnya Anda dapat mengatur blog pribadi Anda di myblog.example.com. Untuk informasi tentang cara menambahkan subdomain di Plesk, lihat bagian Menambahkan Subdomain.

Jika Anda ingin menjadi tuan rumah lebih dari satu situs di bawah langganan Anda, Anda dapat mendaftarkan domain lebih dan menambahkannya ke langganan Anda. Mendaftarkan domain baru mungkin tersedia untuk Anda dalam Panel Pelanggan jika penyedia hosting Anda memungkinkan ini. Untuk informasi tentang cara membeli dan menambahkan domain di Plesk, lihat bagian Menambahkan Domain.

Bahkan, nama domain hanya ada untuk kenyamanan; komunikasi nyata antara browser dan web server menggunakan alamat IP – pengidentifikasi tuan numerik. Misalnya, alamat sebenarnya dari www.example.com mungkin 192.0.2.12 (IPv4). Untuk menyelesaikan nama domain ke alamat IP, web host menggunakan teknologi DNS. Untuk rincian lebih lanjut tentang bagaimana DNS diimplementasikan di Plesk, lihat bagian (Advanced) Konfigurasi DNS untuk Domain.

DNS memungkinkan beberapa domain untuk diselesaikan dalam satu alamat IP. Nama-nama tambahan itu disebut alias domain. Ini adalah nyaman ketika Anda telah membeli beberapa domain yang ingin Anda menunjuk ke situs yang sama. Untuk informasi tentang cara menambahkan alias ke domain yang ada, lihat bagian Menambahkan Domain Alias.

Resita has written 702 articles