Panduan Plesk Untuk Pengguna/Membuat Website/Dengan Presence Builder

Presence Builder (atau disebut dengan editor) merupakan editor visual yang memungkinkan pemilik bisnis kecil dan perorangan membuat situs web mereka dengan cepat dan mudah. Dengan Presence Builder, Anda tidak harus menulis kode atau mengonfigurasi server untuk memulai blog, membuka toko online, atau mengonfigurasi bentuk apa pun dari situs web. Anda cukup menambahkan blok konten yang terdiri dari situs Anda (teks, galeri gambar, toko online) dengan menarik konten tersebut ke halaman, isi konten tersebut dengan konten Anda, lalu publikasikan hasilnya. Selesai

 

Mulai Membuat Situs Web

Bila Anda mulai membuat situs web, Anda tidak harus menulis teks, mencari gambar, dan menyesuaikan tampilan situs. Cukup pilih topik yang sesuai dengan situs Anda, lalu Presence Builder akan membuat kerangka situs yang sudah berisi serangkaian halaman, gambar, dan teks yang relevan dengan topik yang dipilih. Setiap kali Presence Builder membuat situs web, penggunaan serangkaian desain elemen bersifat acak, sehingga Anda dapat memastikan bahwa desain situs web Anda tidak akan sama.

Setelah Anda memilih topik, Anda akan diminta untuk memasukkan beberapa informasi tambahan yang akan Presence Builder tambahkan ke halaman situs web, misalnya, nomor telepon Anda, yang akan muncul pada halaman Hubungi Kami.

Untuk detail lebih lanjut tentang cara mulai membuat situs web Anda, lihat bagian Membuat Situs Web.

Mengimpor Situs Web yang Dibuat di SiteBuilder 4.5

Jika Anda sudah memiliki situs web yang dibuat dengan SiteBuilder 4.5 dan di-host di tempat lain, Anda dapat mengimpor situs web Anda kea kun pelanggan baru Anda. Pelajari cara memindahkan situs web SiteBuilder 4.5 ke Presence Builder di bagian Mengimpor Situs dari SiteBuilder 4.5.

Mengisi Situs dengan Konten

Segera setelah Presence Builder membuat situs web Anda, Anda dapat mengisi situs web tersebut dengan konten Anda. Alat bantu pengeditan uatam Anda dalam menu utama Presence Builder. Anda dapat melakukan hal berikut menggunakan menu tersebut :

  • Mengubah struktur situs Anda: Menambah atau menghapus halaman
  • Mengedit desain situs web: Ubah warna dan tata letak
  • Mengisi situs dengan konten Anda: Mengapus konten yang tidak digunakan yang ditetapkan sebelumnya dan menambahkan elemen Anda sendiri:
Teks
Gambar dan galeri gambar
Video
Skrip
Blog
Kotak Pencarian
Elemen lainnya
  • Izinkan pengunjung berbagi informasi di situs web Anda melalui media sosial seperti Facebook atau Twitter: Tambahkan tombol yang sesuai ke halaman situs Anda)

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang tindakan yang tersedia bagi Anda di editor, lihat bagian Mengenal Presence Builder Editor. Temukan petunjuk terkait pengelolaan tampilan situs web dan konten di bagian Pengeditan Situs Web.

Membuat Situs Tersedia di Internet

Setelah Anda menyelesaikan pengeditan situs web, buat situs web Anda tersedia di Internet. Agar orang dapat melihat situs Anda di nama domain Anda, publikasikan situs web dengan mengklik tombol yang sesuai di menu utama. Saat Anda mengklik link ini, Presence Builder akan membuat halaman statistik dan skrip yang terdiri dari situs Anda dan menempatkannya di lokasi yang sesuai pada server, sehingga orang akan melihat situs tersebut saat mereka memasukkan nama domain Anda di browser mereka. Pelajari lebih lanjut tentang mempublikasikan situs web di bagian Mempublikasikann Situs Web ke Internet.

Anda juga dapat menarik lebih banyak pengunjung ke situs Anda dengan meletakkan salinan situs di Facebook – jejaring sosial yang terkenal. Lihat bagian Mempublikasikan Salinan Situs Web ke Facebook untuk petunjuk rinci tentang cara melakukannya.

Membuat Situs Web

Untuk menimimalkan upaya Anda saat membuat situs web, Presence Builder menawarkan Anda serangkaian situs web yang ditetapkan sebelumnya. Bila Anda mulai membuat situs web, pilih topik yang paling sesuai dengan Anda, lalu Presence Builder akan membuat situs web dengan konten yang relevan dengan topik ini. Misalnya, situs akan berisi kerangka daftar harga untuk toko eceran atau galeri gambar untuk situs artis. Jika Anda tidak dapat menemukan topik yang cocok, Anda dapat menghubungi penyedia layanan untuk meminta mereka membuat kerangka yang sesuai dan menambahkanya ke daftar topik yang tersedia.
Saat Anda mulai membuat situs web, Presence Builder juka akan meminta Anda untuk memberikan informasi tentang diri Anda atau perusahaan Anda. Presence Builder akan secara otomatis menambahkan informasi ini ke halaman tertentu jika diperlukan, misalnya, ke halaman Tentang Kami atau Hubungi Kami.

Note: Presence Builder tidak akan menyimpan atau menggunakan informasi yang Anda berikan di mana pun, kecuali untuk halaman situs web Anda. Anda dapat mengubah atau menghapus informasi ini di lain waktu.

Untuk mulai membuat situs web di Presence Builder:

  1. Buka Website & Domain , lalu klik nama domain yang diinginkan.
  2. Klik Create Site di dalam Presence Builder.
  3. Pilih topik situs web
  4. Masukkan nama situs dan pilih bahasa situs web
  5. Masukkan informasi untuk mengisi situs web Anda terlebih dulu
  6. Klik Buat Situs

Untuk kembali ke pengeditan situs web yang dibuat dengan Presence Builder setelah Anda menutup editor, buka Situs Web & Domain, klik nama domain, lalu klik Edit Website.

 

Mengedit Situs Web

Di Presence Builder, Anda dapat mengubah hamper setiap elemen situs web Anda. Sebagian besar elemen diubah di satu tempat – Anda membuka halaman yang menggunakan elemen tersebut, edit, lalu lihat hasilnya langsung. Elemen keseluruhan situs, seperti yang dimasukkan di area DESIGN diubah di satu tempat, tetapi perubahan tersebut akan diterapkan ke setiap halaman di situs web Anda.

Note: Jika Anda menggunakan Internet Explorer, sebaiknya Anda menghindari penggunaan zoom browser untuk mengubah ukuran teks yang ditampilkan pada jendela browser Anda. Perlu diperhatikan bahwa situs web di Presence Builder akan berfungsi dan terlihat sangat baik pada zoom normal (1oo%).

Resita has written 706 articles