Panduan Plesk Untuk Client – Struktur: Halaman dan Navigasi

Struktur dan navigasi situs Anda penting untuk kenyamanan pengunjungnya. Anda dapat membuat struktur situs dengan menambahkan halaman baru dan memindahkan mereka di tempat yang sesuai. Selanjutnya Anda dapat menambahkan link navigasi, mengedit tampilannya, dan memindahkan ke area situs yang sesuai. Bagian ini menjelaskan cara Anda mengelola halaman dan link navigasi di Presence Builder.

Menambah dan Menghapus Halaman

Situs Anda dapat terdiri dari dua tingkat halaman tertanam. Jumlah total halaman yang dapat Anda buat tergantung pada rencana hosting Anda. Editor akan memberi tahu Anda bila Anda telah mencapai jatah jumlah halaman: ikon dengan symbol dollar ($) akan ditampilkan di atas tombol Add Page.

Note : Untuk alasan performa Presence Builder, jumlah total halaman untuk situs Anda tidak dapat lebih dari 500.
Untuk menambahkan halaman ke situs web Anda:

1. Buka tab Pages (Halaman)

2. Klik Add Pages (Tambah Halaman). Halaman baru muncul disorot dalam warna hijau.

3. Posisikan halaman baru dengan menariknya ke tempat yang sesuai atau dengan mengklik anak panah.

4. Tentukan judul halaman.

5. Berikan deskripsi ringkas konten halaman yang akan ditampilkan pada halaman hasil mesin pencarian dan kata kunci dengan halaman yang akan ditampilkan oleh mesin pencarian.

Note: Nama halaman dan Nama link halaman merupakan bidang yang wajib diisi. Bidang Deskripsi dan Kata Kunci bersifat opsional. Jika Anda menentukan kata kunci untuk halaman, kata kunci tersebut harus dipisahkan dengan koma tanpa spasi.
6. Jika Anda menginginkan halaman Anda tidak terlihat untuk pengunjung situs web Anda, centang Hidden page.

7. Jika Anda ingin membatasi akses ke halaman dengan autentikasi sandi, centang Protected page (Halaman yang dilindungi), lalu tentukan nama pengguna dan sandi.

8. Klik OK untuk menyimpan perubahan.
Selain halaman biasa, Anda dapat menambahkan hyperlink ke situs web eksternal untuk blok navigasi situs web. Untuk menambahkan link tersebut, buka Pages, di menu sebelah tombol Add Page (Tambah Halaman), klik Add External Link (Tambah Link Eksternal).
Untuk mengubah lokasi atau property halaman:

1. Buka tab Pages (Halaman)

2. Pilih halaman yang ingin Anda edit

3. Ubah posisi halaman dengan menariknya ke tempat yang sesuai atau dengan mengklik anak panah

4. Edit judul halaman

5. Edit atau hapus deskripsi ringkas halaman konten yang akan ditampilkan pada halaman hasil mesin pencarian dan kata kunci dengan halaman yang akan ditemukan oleh mesin pencarian

Note: Nama halaman dan Nama link halaman merupakan bidang yang wajib diisi. Bidang Deskripsi dan Kata Kunci bersifat opsional. Jika Anda menentukan kata kunci untuk halaman, kata kunci tersebut harus dipisahkan dengan koma tanpa spasi.
6. Jika Anda menginginkan halaman Anda tidak terlihat untuk pengunjung situs web Anda, centang Hidden page

7. Jika Anda ingin membatasi akses ke halaman dengan autentikasi sandi, centang Protected page (Halaman yang dilindungi), lalu tentukan nama pengguna dan sandi.

8. Klik OK untuk menyimpan perubahan.
Untuk menghapus halaman dari situs web Anda:

1. Buka tab Pages

2. Pilih halaman yang ingin Anda hapus

3. Klik Delete Page

4. Klik OK untuk menyimpan perubahan

Menambah dan Menghapus Link Navigasi

Secara default, bar navigasi horizontal dengan link ke halaman situs dimasukkan di bawah atau di atas header situs Anda. Link ini akan diperbarui secara otomatis setiap kali Anda menambah, mengubah, memindah, atau menghapus halaman dari situs.

Jika Anda menggunakan bar sisi pada situs, lalu bar horizontal di dalam header hanya akan berisi link ke halaman tingkat pertama, dan bar sisi akan menampilkan link tingkat kedua dan ketiga. Anda dapat memindahkan blok navigasi dengan menariknya ke area lain di situs. Untuk setiap blok navigasi, Anda dapat menentukan pengaturan berikut:
> Menu alignment, style dan ukuran font, warna dan latar belakang yang digunakan untuk link.

Anda dapat menentukan pengaturan terpisah untuk link normal, aktif, dan submenu. Untuk mengubah pengaturan tersebut, arahkan pointer mouse di atas blok navigasi, lalu klik Edit > Fonts and Colors

> Lapisan dan margin untuk link.

Anda dapat menentukan pengaturan terpisah untuk link formal, aktif, dan sub menu. Untuk mengubah pengaturan tersebut, arahkan pointer mouse di atas blok navigasi, lalu klik Edit > Spacing

> Bayangan untuk link.

Anda dapat menentukan pengaturan terpisah untuk link normal, aktif, dan submenu. Untuk mengubah pengaturan tersebut, arahkan pointer mouse di atas blok navigasi, lalu klik Edit >Decorations

> Jenis tingkat halaman yang harus disertakan dalam menu.

Untuk mengubah pengaturan tersebut, arahkan pointer mouse di atas blok navigasi, lalu klik Edit > Level

> Batas lebar dan warna serta pembulatan sudut untuk link.

Anda dapat menentukan pengaturan terpisah untuk link formal, aktif, dan submenu). Untuk mengubah pengaturan tersebut, arahkan pointer mouse di atas blok navigasi, lalu klik Edit > Borders and Corners
Jika Anda terkadang menghapus blok navigasi, Anda dapat memasukkannya kembali. Untuk melakukannya, buka tab Modules, pilih Navigation, lalu tarik blok ke area di halaman yang ingin Anda tambahkan. Blok navigasi akan dimasukkan ke semua halaman situs web jika Anda memilih opsi Always visible (Selalu terlihat).

Untuk kenyamanan pengunjung situs Anda, Anda mungkin juga ingin menambakan blok navigasi breadcrumb. Navigasi breadcrumb adalah rantai link yang mewakili jalur pengguna dari halaman utama situs ke halaman saat ini. Untuk menambahkan blok navigasi breadcrumb, buka tab Modules, pilih Breadcrumbs, lalu tarik Breadcrumbs ke area di halaman yang ingin Anda tambahkan. Blok navigasi akan dimasukkan ke semua halaman situs web jika Anda memilih opsi Always visible (Selalu terlihat).

Resita has written 705 articles