Panduan pengguna Spanel/Kelola email/Backup restore

Seperti halnya backup file web dan database, untuk email juga tersedia sejarah backup yang sama yaitu untuk 7 hari, 4 minggu dan 3 bulan terakhir. Anda dapat lihat/ambil data-data email sesuai dengan sejarah backup yang ada, caranya:

Restore Data Email

 

  1. Pada Spanel, silahkan arahkan mouse ke menu File dan klik Kelola File
  2. Klik folder sites > klik folder namadomainAnda (sesuaikan dengan nama domain Anda) > klik folder qmail > klik users’ > akan muncul daftar folder user email, klik untuk salah satu user
  3. Pada contoh ini kami masuk ke direktori user “wim”

    – Di bawah ini adalah informasi dari masing-masing folder yang ada di dalam folder user email:
    cur = berisi file email INBOX yang telah anda baca
    new = berisi file email INBOX yang belum anda baca (baru sampai/masuk ke INBOX)
    tmp = folder sementara
    .Drafts = berisi file draft email, terdapat didalam subfolder

    cur = berisi file drafts baru/lama yang sudah dibaca
    new = berisi file draft yang baru
    tmp = folder sementara
    .Sent = berisi file email yang telah di sent (OUTBOX/SENT), terdapat didalam subfolder

    cur = berisi file email sent baru/lama yang sudah dibaca
    new = berisi file email sent yang baru
    tmp = folder sementara
    .Trash = berisi file email yang telah dihapus, terdapat didalam subfolder

    cur = berisi file email yang baru/lama yang telah dihapus sudah dibaca
    new = berisi file email yang baru dihapus
    tmp = folder sementara
  4. Kemudian, dicontoh ini kami ingin me-restore data inbox email user “wim”. Maka, klik folder “cur”, selanjutnya akan tampil isi data email pada direktori tersebut:
  5. Selanjutnya arahkan mouse ke menu File –> Volume dan klik tanggal History Backup yang Anda inginkan (contoh kali ini kami mengambil data History Backup 2012-04.01)
  6. Setelah itu Anda akan dialihkan page isi directory “cur” yang ada pada tanggal yang kita pilih (pada contoh ini berarti pada tanggal 2012-04.01)
  7. Silahkan pilih semua data email pada history backup tersebut
  8. Copy data email yang sudah kita pilih
  9. Bila sudah di-copy, silakan kembali ke volume “Data” (hari ini). Silahkan arahkan kembali mouse Anda ke menu File –> Volume –> Data
  10. Bila sudah berada di data exist saat ini, selanjutnya paste data email yang tadi sudah kita copy. Caranya, arahkan mouse Anda ke menu Sunting –> klik Paste

Dengan cara restorasi di atas maka Anda akan menerima kembali data/file email ke user email Anda. Untuk melihat data email kembali bisa melalui Webmail atau menggunakan email client (seperti thunderbird, ms outlook, dll).

Tips, agar Anda tidak ingin selalu kehilangan semua data email dan tidak selalu ingin melakukan langkah backup dari server via Spanel, Anda bisa gunakan program klien email (seperti thunderbird, ms outlook, dll) untuk “menarik” email dan semua data email akan tersimpan ke komputer PC Anda. Dan Anda bisa mengguankan software tambahan untuk backup email Anda yang ada di komputer PC Anda, dengan ini mungkin akan lebih mempermudah untuk restore email kembali apabila diperlukan kembali, selain cara restore backup pada server.
NOTE:

  • Untuk file yang sama maka ketika ‘Paste’ akan di sisipkan prefix nama baru dengan awalan Copy Of_.
  • Bila Anda menggunakan aplikasi mail-client (Thunderbird, Outlook dan lainnya) dan menonaktifkan seting “Leave messages on server” maka proses restorasi tidak bisa dilakukan mengingat data email akan langsung terunduh ke komputer. Di server hanya sebagai penyimpanan sementara sebelum diunduh/ditarik oleh aplikasi mail-client

Jabbar has written 31 articles