Panduan pengguna Spanel/Cron

Cron Jobs mengijinkan Anda untuk menjalankan perintah atau skrip secara otomatis pada server Anda melengkapi task berulang secara otomatis. Cron Jobs mengijinkan Anda untuk menjalankan perintah tetap pada waktu yang ditentukan dengan penjadwalan. Sebagai contoh: Anda dapat mengatur cron job untuk menghapus file sementara(temporary) setiap minggu jadi ruang disk Anda tidak digunakan oleh file tersebut.

Perhatian: Anda diharapkan memiliki pengetahuan perintah linux yang baik sebelum Anda dapat menggunakan cron jobs secara efektif. Periksa skrip Anda dengan administrator hosting Anda sebelum menambah cron job.

Untuk membuat Cron , klik Perkakas pada SPanel lalu klik Penyunting Crontab

Ada dua modus yang bisa anda pilih, Untuk sederhananya silahkan anda pilih modus Normal

Akan muncul jendela berikut:

Isi data Email (MAILTO) dengan benar . EMail ini akan digunakan untuk cron mengirimkan notifikasi jika Cron berhasil berjalan. Jika berhasil anda akan menerima email di alamat yang sudah anda masukkan.

Untuk yang lainnya bisa dibiarkan sesuai default saja.

Lalu akan muncul jendela berikut:

Isikan sesuai cron yang anda inginkan. Sebagai contoh jika anda ingin mendownload video.mp4 yang berjalan setiap jam 17.50 maka anda bisa isikan Menit dengan dengan jumlah menit 50 dan jam dengan Waktu jamnya yaitu 17. Untuk lainnya bisa anda isikan dengan * dimana artinya Cron akan dijalankan sesuai interval (tidak dibatasi)

Resita has written 706 articles