Panduan pengguna Spanel 1.3/Setting akun

Dari menu ini Anda dapat mengubah beberapa setting global untuk account Anda. Setting-setting tersebut adalah:

 

Keamanan

Setting-setting ini berhubungan dengan keamanan akun hosting Anda.

Daftar IP yang diizinkan untuk login?
Jika Anda mencurigai ada orang lain yang tidak diizinkan masuk ke akun hosting Anda, Anda bisa membatasi alamat IP tertentu saja yang bisa login ke Spanel lewat web. Namun perhatikan, jangan sampai IP Anda/gateway/proxy Anda terblokir juga karena ini berarti Anda tidak akan dapat login ke Spanel! Untuk mengetahui IP Anda, bisa menggunakan perintah “ipconfig” di command prompt Windows, atau perintah “/sbin/ifconfig” di Linux, atau layanan seperti http://www.whatismyip.com/

Jika Anda tidak sengaja terkunci, silakan hubungi admin/technical support.

Nonaktifkan login tanpa password
Login tanpa password menggunakan token key dipakai oleh sistem seperti billing system untuk menyediakan kemudahan bagi Anda login ke akun hosting tanpa password. Jika Anda tidak menginginkan hal ini, centanglah setting ini.

Keamanan: Aplikasi Web

Setting-setting ini untuk memberikan pilihan menonaktifkan beberapa aplikasi web bawaan yang terpasang di semua situs, seperti phpMyAdmin, Webmail, dsb. Ada baiknya menonaktifkan aplikasi-aplikasi ini untuk meningkatkan keamanan, karena aplikasi web ini bisa menjadi celah bagi penyerang untuk masuk ke akun database/email/dsb Anda seandainya password database/email/dsb Anda lemah (dan umumnya memang password database/email lebih lemah/pendek/gampang ditebak daripada password utama/shell).

Shell (telnet/SSH)

Fitur shell (telnet/SSH) aktif?
Pilihan ya atau tidak. Bergantung pada jenis paket hosting Anda, maka fitur telnet/SSH dapat ada atau tidak. Demi keamanan, meskipun fitur SSH tersedia bagi account Anda, namun setting ini defaultnya tidak aktif. Jika Anda membutuhkan akses SSH, gantilah ke Ya.
Zona waktu di shell (telnet/SSH)
Setting ini untuk mengubah timezone saat login ke SSH.

Alerts

Kirimkan email alert jika pemakaian disk mendekati limit kuota?
Pilihan ya atau tidak. Jika pemakaian ruang disk akun Anda sudah mendekati quota, maka Anda akan dikirimi email notifikasi. Default adalah Ya. Gantilah menjadi Tidak jika Anda tidak ingin dikirimi email.

Sendmail

Setting-setting ini hanya dapat diset oleh admin server. Jika Anda membutuhkan pengubahan setting, silakan konsultasikan dengan staf admin server.

Akun ini dilarang mengirim email?
Pilihan ya atau tidak. Jika Ya, maka Anda tidak dapat mengirim email dari account hosting ini, misalnya dari skrip buku tamu atau forum Anda. Defaultnya adalah Tidak. Biasanya staf kami akan mengeset ini ke Ya sementara jika terdapat masalah spam pada account Anda.
Limit jumlah email yang dapat dikirim per jam
Default: 50
Limit jumlah email yang dapat dikirim per hari
Default: 200
Jumlah To/Cc maksimum di setiap email yang dikirim
Default: 50
Batasi jumlah To/Cc ke domain yang sering dipakai target oleh spammer, seperti yahoo.com.br atau aol.com (dapat mencegah terkirimnya spam-spam exploit umum)
Pilihan ya atau tidak. Default: Ya
Wajibkan From berasal hanya dari domain klien
Pilihan ya atau tidak. Default: Ya.
Domain tambahan yang diperbolehkan sebagai From

Syaiful has written 23 articles