Panduan pengguna Spanel 1.3/Kelola domain dan DNS

Fitur Kelola Domain & DNS pada control panel berguna untuk menambah/menghapus domain add-on serta menyunting zona DNS (menambahkan record A, mengganti record NS, menambahkan record MX, dll). Diperlukan sedikit pemahaman mengenai DNS jika Anda ingin menggunakan fitur ini.

 

Mengatur record DNS sebuah domain

1. Klik bagian Domain lalu klik > Kelola Domain & DNS pada control panel anda

2. Klik nama domain anda, Lalu pilih Sunting DNS. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini, maka anda akan masuk ke tampilan seperti di bawah ini.

Menambahkan DNS record

Pada DNS dikenal istilah record DNS. Ada beberapa record DNS yang bisa diubah dari menu Sunting DNS. Antara lain

DNS A record

Di sPanel terdapat kolom dimana kita bisa mengubah dan mengarahkan A record. A record dapat diarahkan ke suatu IP tertentu. Berikut contohnya:

Pada gambar diatas pada kotak no. 6 diarahkan IP dari default keserver (^) diubah/diarahkan ke IP lain. Begitu juga kotak no.8 berarti subdomain mail.namadomainanda diarahkan ke IP lain pula. Jika anda ingin mengarahkan IP subdomain anda ke IP lain maka anda cukup membuat A record baru dengan nama host isi nama subdomain anda dan pada Alamat arahkan ke IP yang anda inginkan.

Jangan lupa untuk selalu klik tombol Update dan selesai setiap melakukan perubahan DNS. Agar perubahan dapat segera resolve.

DNS MX record

Pada gambar diatas MX secara default ke mail(mail.namadomainanda) dimana diarahkan ke IP default server (^) jika anda ingin diarahkan ke IP lain maka anda bisa ubah keterangan (^) menjadi IP lain. Atau anda bisa membuat MX baru dengan menambahkan MX dibagian bawah. Jangan lupa klik tombol update dan selesai jika sudah melakukan perubahan.

DNS Record Lain

Anda bisa menambahkan DNS record lain di sPanel anda. Terdapat menu menambahkan DNS recprd seperti A, MX, TXT, SRV dll. Semua dapat anda temukan dimenu Sunting DNS tsb.

Syaiful has written 23 articles