Panduan pengguna Spanel 1.3/Database/MySQL

Menu Utama -> Database -> Kelola MySQL

Menu ini dipakai untuk membuat, mengganti password, menghapus database MySQL. Ketersediaan fitur database MySQL dan jumlah maksimum database yang dapat dibuat bergantung pada jenis paket hosting yang Anda pilih.

Membuat database

1. Klik Tambah Database. Akan muncul form penambahan database.

2. Masukkan nama database dan nama user database yang diinginkan.

3. Masukkan kata sandi yang diinginkan. Kata sandi database seringkali diisi lemah/pendek sehingga sering menjadi titik lemah pembobolan website. Karena itu di Spanel diwajibkan kata sandi yang lebih panjang dan berupa campuran huruf/angka agar lebih sulit diterobos. Harap gunakan kata sandi yang cukup sulit di sini.

4. Pilih set karakter default dan kolasi default. Jika Anda tidak paham arti kedua pilihan ini, silakan biarkan pada pilihan default.

5. Masukkan alamat IP atau blok IP yang ingin diizinkan login. Fitur ini adalah untuk akses remote database (dari komputer lain). Bergantung pada fitur paket hosting yang Anda pilih, mungkin saja pilihan ini tidak tersedia (tidak ada fitur database remote).

Untuk mengetahui alamat IP komputer Anda sendiri, dapat menggunakan:

  • di Unix/Linux: buka terminal lalu ketikkan perintah /sbin/ifconfig.
  • di Windows: buka Command Prompt lalu ketik ipconfig.

Jika alamat IP yang diperoleh berawalan 10.x.x.x atau 192.168.x.x, artinya Anda berada di belakang NAT dan alamat IP tersebut adalah alamat intranet, bukan alamat publik. Untuk mengetahui alamat IP publik Anda, dapat menggunakan layanan gratis seperti http://www.whatismyip.com/ . Atau bisa juga menggunakan skrip sederhana di server hosting, misalnya skrip PHP berisi <?php phpinfo(); ?> lalu akseslah skrip PHP tersebut dari browser. Pada halaman hasil, cek bagian variabel $_SERVER[REMOTE_ADDR].

6. Klik Submit. Database akan dibuat oleh Spanel.

Selanjutnya untuk mengelola database MySQL Anda, Anda dapat mengklik link Kelola untuk login ke aplikasi phpMyAdmin. Atau bisa juga mengakses langsung alamat:

http://nama_website_Anda/webapps/phpMyAdmin

di mana nama_website_Anda adalah nama website Anda, misalnya: example.com.

Resita has written 706 articles