Panduan pengguna Spanel 1.3/Backup/Backup CD

Apa itu backup CD

Backup CD adalah backup seluruh data akun (termasuk file-file website, email, database, setting, dsb) dengan struktur direktori sama seperti struktur di server.

Kegunaan backup CD ini adalah, sesuai namanya, untuk direkam ke CD/media secara teratur (misalnya sebulan sekali) sebagai bentuk backup remote.

Format backup CD ini adalah .tar.pgp (tarball yang diproteksi password dengan PGP) yang displit menjadi .tar.pgp.00, .tar.pgp.01, dst sesuai ukuran CD/DVD. Backup CD ini, sesuai namanya, biasanya direkam ke CD/DVD/media lain.

Format .tar digunakan agar dapat merekam seluruh metadata dan jenis file di Unix/Linux, seperti permission dan ownership file-file, symlink, dsb.

PGP dipakai untuk memproteksi file backup ini dengan password, karena mungkin saja saat dipindahkan dari server ke tempat Anda, harus diberikan kepada kurir, PT Pos, dsb, sehingga memungkinkan terjadinya pencurian/pengintipan media data.

Menghasilkan backup CD

Saat ini untuk menghasilkan backup CD, Anda melakukan request ke admin.

Bergantung kesepakatan, admin kemudian akan memberikan salah satu dari:

  • URL untuk Anda mendownload file-file backup CD ini,

atau:

  • backup dalam bentuk kepingan CD/DVD atau media lain.

dan juga password untuk Anda membuka enkripsi PGP backup ini.

Merestore backup CD

Untuk melakukan restore backup CD, yang diperlukan adalah:

  1. Program yang dapat mengekstrak format tar (perintah tar di Unix/Linux yang tersedia secara bawaan, atau WinRAR/program pengarsip lain jika di Windows).
  2. Program PGP/GnuPG.

Langkah pertama adalah menaruh/mengkopikan semua file-file backup CD ke dalam . Misalnya, sebagai contoh, file-file backup CD adalah:

mwn.2010-06-11-041817.tar.pgp.00
mwn.2010-06-11-041817.tar.pgp.01

Selanjutnya silakan ikuti salah satu subpetunjuk di bawah sesuai sistem operasi Anda:

merestore di Unix/Linux

Buka program terminal (mis: konsole atau gnome-terminal), lalu ketik:

$ mkdir restore_backup; # atau nama direktori lain yang anda pilih sendiri
$ cd restore_backup
$ cat mwn.*.tar.pgp.* | gpg -d - | tar xf -

Silakan ganti “mwn” dengan username yang sebenarnya.

Anda akan diminta memasukkan password yang telah diberikan saat menerima backup ini.

Program GnuPG (gpg) mungkin akan memberikan pesan peringatan “gpg: WARNING: message was not integrity protected”, pesan ini bisa diabaikan.

Setelah perintah di atas selesai, hasilnya akan tercipta direktori-direktori home/, public/, sites/, dsb yang merupakan direktori yang ada pada server hosting. Data akun Anda berada di dalam salah satu direktori ini. Struktur direktori ini mengikuti struktur direktori Spanel.

merestore di Windows

Terlebih dahulu Anda harus menginstal program WinRAR untuk mengekstrak format TAR, dan program PGP untuk membuka format PGP.

1. Pertama-tama, gabungkan file-filenya (langkah ini tidak diperlukan jika jumlah filenya hanya ada satu, jika filenya ada satu cukup ganti nama *.pgp.00 menjadi *.pgp). Caranya, klik Start Menu, lalu Run. Ketik CMD diikuti Enter. Lalu ketikkan perintah berikut di window DOS Prompt:

COPY /B mwn.2010-06-11-041817.tar.pgp.00+mwn.2010-06-11-041817.tar.pgp.01 mwn.tar.pgp

Ganti mwn dengan nama sebenarnya. Jika filenya ada lebih dari dua, tinggal tambahkan saja +mwn.2010-06-11-041817.tar.pgp.02 dst.

2. Buka proteksi PGP: dari Explorer, dobel klik file .tar.pgp ini. Program PGP akan muncul lalu menanyakan password. Setelah diekstrak, hasilnya adalah file .tar. (Program PGP yang Anda gunakan mungkin juga mengganti nama file menjadi “-“, jika demikian silakan diganti balik menjadi berakhiran .tar).

3. Buka format TAR: Dari Explorer, dobel klik file .tar dan WinRAR akan menampilkan isi file ini.

Data Anda berada di dalam salah satu struktur folder di dalam file TAR ini. Untuk lebih jelasnya struktur file Spanel, silakan lihat di sini.

Penyelesaian masalah

(Windows) WinRAR gagal mengekstrak file

File-file dengan nama tertentu yang valid di server hosting tidak valid di sistem operasi Windows, contohnya yang mengandung titik dua (:) seperti di dalam folder akun email (sites/NAMASITE/qmail/users/). Solusinya, silakan instruksikan WinRAR untuk mengganti nama file agar tidak mengandung titik dua, atau ekstrak backup CD ke sistem operasi Linux.

Resita has written 702 articles