Panduan pengguna shared hosting

Saat membaca tulisan ini, kami asumsikan Anda telah mendaftarkan akun hosting/domain dan akun hosting Anda telah aktif (yakni, Anda sudah menerima email pemberitahuan berisi username dan password).

Pada umumnya, ada tiga hal yang Anda perlu perhatikan agar akun hosting Anda siap:

  1. Mengurus pointing domain. DNS pada domain Anda perlu diarahkan ke minimal 2 hingga 4 dari server kami berikut:
    DNS1.MASTERWEBNET.COM
    DNS2.MASTERWEB.NET
    DNS3.MASTERWEB.NET
    DNS4.MASTERWEB.COM
    

    Jika Anda membeli domain dan hosting lewat kami, maka kami yang akan mengurus pengarahan ini dan Anda cukup menunggu saja hingga proses penyebaran DNS selama rentang waktu sbb:

    • untuk domain .com, .net, .org, maksimum 1×24 jam
    • untuk domain .id, maksimum 1×24 jam
    • untuk pointing server Spanel, 1-5 menit
    • untuk pointing server cPanel: satu hingga beberapa jam
    • untuk domain lainnya, satu hingga beberapa jam

    Catatan: Waktu tersebut terhitung sejak akun Anda diaktivasi (dengan kata lain, sejak domain berhasil diregistrasi). Jika waktu resolve lebih lama dari yang disebutkan di atas, kemungkinan ada masalah teknis di tempat kami pada saat itu, atau resolver di tempat Anda melakukan negative caching yang agak lama. Silakan hubungi technical support kami jika domain Anda belum dapat diresolve dalam waktu yang disebutkan di atas. Jika Anda membeli domain sendiri di tempat lain, silakan memanage domain Anda menurut registrar Anda masing-masing dan mengarahkan DNS ke server DNS kami di atas. Jika Anda hanya membeli domain dari kami dan tidak hosting di tempat kami, maka artikel panduan ini tidak berguna untuk Anda :-).Sambil menunggu tahap ini, Anda dapat melanjutkan ke tahap 2 dan 3.

  2. Mengisi website Anda. Anda dapat login ke panel kontrol hosting menggunakan username dan password yang telah diberikan kepada Anda untuk mengunggah file, membuat subdomain, membuat database, dll. Jika nama domain Anda belum aktif, Anda dapat melihat tampilan website Anda menggunakan URL sementara. Lihat panduan panel kontrol hosting kami untuk jelasnya:
    • Jika Anda menggunakan hosting berbasis Spanel, lihat Panduan pengguna Spanel.
    • Jika Anda menggunakan hosting berbasis cPanel/WHM, lihat Panduan pengguna cPanel-WHM.

    Untuk mengetahui jenis paket/plan hosting yang Anda pesan, dapat dilihat dari nama paketnya. Jika mengandung “SPANEL”, berarti Spanel. Jika “CPANEL” berarti cPanel.

  3. Membuat akun-akun email. Juga gunakan panel kontrol untuk ini.

Bahan Bacaan dan Manual

Istilah dan konsep dasar

Jika Anda belum familiar dengan istilah-istilah dasar yang digunakan, maka berikut ini beberapa artikel yang mungkin berguna bagi Anda:

Panel kontrol

Panel kontrol adalah interface berbasis web (diakses dengan browser) yang akan sering Anda pakai untuk mengelola akun hosting Anda, seperti untuk membuat akun email, menambah subdomain, mengganti password akses FTP/SSH, dll.

Spanel: Untuk mengetahui cara pemakaian panel kontrol Spanel, silakan merujuk ke Panduan pengguna Spanel.

cPanel/WHM: Untuk mengetahui cara pemakaian panel kontrol cPanel, silakan merujuk ke Panduan pengguna cPanel-WHM.

Plesk: Untuk mengetahui cara pemakaian panel kontrol Plesk, silakan merujuk ke Panduan pengguna Plesk.

Knowledge Base

Dokumentasi dan jawaban untuk masalah-masalah seputar hosting telah kami kumpulkan di Knowledge Base (KB) kami, yang bisa Anda akses di alamat: http://kb.masterweb.com . Usahakanlah untuk melihat KB kami karena banyak masalah umum yang telah kami sediakan solusi dan penjelasannya di sana.

Resita has written 706 articles