Panduan Pengguna Layanan Cloud

Mengelola Cloud Container

 

Untuk mengelola Cloud Container Anda, silakan login ke Masterkey dan perhatikan account layanan Cloud Anda, klik icon panah kecil dipaling kanannya (detail produk) untuk ke halaman Kelola Cloud Container Anda. Di halaman ini Anda bisa:

  • melihat keterangan alamat IP/RAM/disk/dsb dan status mesin (berjalan/pause/shutdown/dll);
  • melakukan start, shutdown, restart dan reload OS.

Berikut contoh screenshut halaman tersebut:

PanelMkeyCloud.jpg

Account Cloud Anda merupakan Container pada Cluster cloud yang kami sediakan, seperti komputer/server biasa dalam setiap order Container Cloud dapat memilih beberapa OS diantara Centos, Debian dan Ubuntu.

Jika Anda memiliki pengetahuan teknis mengenai manajemen sistem operasi seperti Linux, dll, silakan mengikuti panduan dari sistem operasi yang bersangkutan untuk menginstal webserver (agar VPS Anda bisa menghosting website), FTP server (agar Anda dapat mengunggah berkas ke server VPS), dll.

Atau jika Anda belum/tidak memiliki pengetahuan teknis, Anda dapat menginstal (atau meminta kami menginstal) salah satu panel kontrol shared hosting agar VPS Anda berfungsi seperti server shared hosting pada umumnya dan memiliki antarmuka web untuk mengelola akun. Contoh panel kontrol shared hosting a.l. Spanel, cPanel dan Plesk.

Membuat Backup Data

 

Perlu diketahui Pada layanan Cloud disisi Cluster cloud kami tidak otomatis secara otomatis mengenerate container sebagai backup semacam images seperti layanan VPS, sehingga perlu Anda buat dahulu schedule backup untuk membackup data Anda, seperti screenshut detail cloud diatas sudah ada tombol Backup Management lalu silakan Anda klik, yang nantinya akan tampil menu pada screenshut berikut:

MkeyBackupCloud1.jpg

terlihat dua tombol menu “Create Schedule Backup” dan ” Create Backup”.

Backup schedule.png

Pada tampilan diatas untuk pengaturan setelah klik tombol “Create Schedule Backup”, Anda bisa tentukan schedule yang Anda inginkan untuk melakukan backup.

Single Backup.png

Pada tampilan diatas untuk pengaturan setelah klik tombol ” Create Backup”, Anda bisa backup langsung saat itu juga sebagai priode saat itu, yang mungkin bisa berguna jika Anda ragu apabila ingin melakukan perubahan sebelum lakukan hal tersebut dan jika ada kegagalan pada perubahan data,, Anda bisa merestorenya sesuai backup yang Anda lakukan sebelumnya.

note: proses restore membuat container cloud Anda dalam keadaa mati/down sehingga jika proses restore selesai silakan Anda start manual.

Mengelola Firewall Management

 

Pada salah satu screenshut dipaling atas didetail pengelolaan cloud dimasterkey, salah satunya ada tombol menu “Firewall Management” yang berfungsi untuk mengelola firewall/iptables pada cloud container Anda, berikut tampilan form pengelolaan setelah klik tombol “Firewall Management” sekaligus diberi contoh untuk blok salah satu port.

PageFirewall.jpg

Pada tampilan diatas contoh untuk memblok port 587 , setelah Anda lakukan create new rule ketika Anda periksa disisi cloud container Anda akan terlihat rule iptables.

Blok587.jpg

Console

 

Pada detail produk untuk mengelola account cloud Anda juga ada tombol menu console vnc yang berguna untuk remote cloud container Anda, pastikan browser sudah disupport java, nantinya akan tampil seperti screenshut:

Console.jpg

Opsi lain untuk remote bisa ssh , baik langsung jika pc/laptop kerja menggunakan OS linux, atau jika menggunakan windows bisa via Putty

Jabbar has written 29 articles