Panduan pengguna cPanel-WHM 60/SpamAssasin

Spamassasin merupakan utility filter spam yang tersedia di cPanel. Spamassasin adalah aplikasi software 3rd party, yang mana memiliki algoritma tersendiri untuk mengidentifikasi sebuah email dianggap spam atau bukan. Namun demikian user diizinkan untuk mengatur skor tingkat karakteristik spam dari cPanel, default skor adalah 5, nilai ini adalah lebih agresif, sedangkan nilai 8 atau 10 lebih toleran.

Mengaktifkan Spamassasin

  1. Login ke cPanel
  2. Klik menu Apache SpamAssassin
  3. Untuk mengaktifkan, cukup klik tombol Enable Apache SpamAssasin

Dengan langkah yang sama, untuk Menonaktifkan Spammassin klik tombol Disable Apache SpamAssasin. Dengan aktifnya filter SpamAssasin maka setiap email yang masuk akan disaring oleh SpamAssasin. Email-email yang dikategorikan sebagai spam akan masuk ke folder spam yang dapat dibaca melalui Webmail.

SpamAssasin memiliki filter Spam Auto-Delete, yang mana jika filter ini dibuat, maka setiap email yang dianggap spam akan langsung terhapus.

Configure Apache SpamAssasin, untuk melakukan pengaturan lanjutan anda bisa mengklik tombol ini, beberapa hal yang bisa anda lakukan.

Menambahkan daftar blacklist, tersedia 5 kotak pertama untuk isian alamat-alamat yang ingin diblacklist. Jika ingin menambahkan lebih banyak, isi terlebih dahulu 5 kotak isian pertama lalu klik Save, jika kembali ke halaman maka akan tampil 5 kotak isian lagi.

user@example.com hanya memblacklist 1 alamat email
*@example.com memblacklist semua alamat dari domain example.com
User@example.com akan diblacklist, tapi User@example.com tidak termasuk yang diblacklist.

Menambahkan daftar whitelist, tersedia 5 kotak pertama untuk isian alamat-alamat yang ingin diwhitelist. Jika ingin menambahkan lebih banyak, isi terlebih dahulu 5 kotak isian pertama lalu klik Save, jika kembali ke halaman maka akan tampil 5 kotak isian lagi.

user@example.com hanya mem-whitelist 1 alamat email
*@example.com” 
mem-whitelist semua alamat dari domain example.com
user@example.com akan ditambahkan ke daftar whitelist, tapi user@example.com tidak termasuk whitelist.

Heru Setiawan has written 32 articles