Panduan pengguna cPanel-WHM 60/Softaculous

Apa Itu Softaculous?

Softaculous adalah auto installer yang terdapat di panel Hosting untuk mempermudah user dalam menginstal aplikasi. Apa itu Softaculous? Dikutip dari Softaculous, Softaculous adalah auto installer terbaik dengan 4444 script terbaik, 1115 class PHP dan masih banyak lagi. Softaculous sangat ideal untuk penyedia layanan web hosting karena sifatnya yang mempermudah user. User bisa melakukan instalasi aplikasi hanya dengan sekali step saja. Dikutip dari Wikipedia, Softaculous akan menghandle semua proses instalasi seperti membuat tabel database, melakukan instalasi software, mengatur data login admin, mengatur konfigurasi web server hingga melakukan proses backup. Dengan Softaculous, kamu juga bisa melihat fitur, tampilan aplikasi, rating serta review dari beberapa pengguna.

Keunggulan Softaculous

Softaculous memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan auto installer lainnya. Dikutip dari Softaculous Apps Installer, Softaculous memiliki keunggulan antara lain:

1. Integrasi Kontrol Panel Hosting

Softaculous dapat digunakan diberbagai macam kontrol panel hosting seperti cPanel, Plesk, H-Sphere, ISPmanager, DirectAdmin, InterWorx, Centos Web Panel, ISPConfig serta Hosting Controller.

2. Automatisasi dengan WHMCS

Dengan softaculous kamu bisa melakukan Auto Installation dari beberapa scripts menggunakan WHMCS.

3. Banyak Pilihan Bahasa

Bagi yang kurang bisa berbahasa Inggris, Softaculous menyediakan beberapa pilihan bahasa.

4. Backup dan Auto Upgrade

Dapat melakukan backup website dan Auto Upgrade dengan sekali klik

5. Membangun Website dengan Mudah dan Cepat

Dengan Softaculous, kamu bisa membuat website dengan cepat tanpa harus mengerti bahasa pemrograman. Tidak perlu melakukan instalasi manual seperti download file zip, membuat database lalu upload file website. Dengan Softaculous, semua proses instalasi akan serba otomatis. Kamu juga bisa membuat toko online dengan menggunakan beberapa aplikasi seperti Prestashop ataupun OpenCart.

Memiliki fitur search yang akan mempermudah user dalam mencari aplikasi/ CMS yang ingin digunakan

7. Selalu Update!

Jangan khawatir, Softaculous akan selalu update. Kamu akan diberikan versi terbaru dari aplikasi, patch, serta update security. Kamu bisa melakukan update via cron atau admin softaculous.

8. Memiliki Beragam Aplikasi

Ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan. Jika kamu ingin membuat blog, kamu bisa menggunakan WordPress, Open Blog, Serendipity dan sebagainya. Jika ingin membuat portal website, kamu bisa menginstall Joomla, Drupal, Mambo dan sebagainya. Untuk pengguna framework, kamu bisa gunakan Laravel, CodeIgniter, Yii, Bootstrap dan lain-lain.

9. Support HTTPS

Kamu bisa melakukan instalasi aplikasi/ CMS langsung di domain yang memiliki protokol HTTPS. Ingat! Selalu gunakan protokol HTTPS agar proses transfer data kamu lebih aman. Untuk menggunakan HTTPS, silahkan pasang SSL murah terlebih dahulu.

10. Memiliki Ratings, Review dan Demo

Sebelum menentukan aplikasi mana yang dipilih, kamu bisa melihat ratings dan review dari para pengguna. Kamu juga bisa mencoba aplikasi dengan fitur demo yang dimiliki Softaculous.

11. Digunakan oleh Ribuan Web Hosting di Dunia

Karena Softaculous memiliki berbagai kemudahan, maka Softaculous telah digunakan oleh ribuan web hosting di seluruh dunia. Kehadiran Softaculous ini mempermudah user khususnya pemula dalam membuat website secara instan.

Berikut salah satu contoh aplikasi yang dapat di install melalui softaculous :

Menginstall WordPress

1. Login ke cPanel anda

2. Scroll ke bagian Softaculous Apps Installer, klik icon WordPress

3. Klik menu Install, agar wordpress terinstall di document root, kosongkan kolom In Directory

4. Tentukan user admin beserta passwordnya, selanjutnya klik Install

Tunggu beberapa saat untuk proses instalasi hingga selesai.

Menghapus Aplikasi

Softaculous juga menyediakan akses yang mudah untuk uninstall sebuah aplikasi yang telah terpasang sebelumnya.

1. Login ke cPanel anda

2. Pada bagian Software/Service klik icon Softaculous

3. Pada deretan toolbar menu di kanan atas, klik All Installations

4. Klik icon [X] untuk menghapus instalasi cms

5. Beri centang semua pilihan pada Remove a installation, lalu klik Remove Installation

Demikian artikel ini dibuat, Semoga bermanfaat 😀

Heru Setiawan has written 32 articles