Panduan pengguna cPanel-WHM 60/PostgreSQL/Membuat

Untuk bisa menggunakan database PostgreSQL, anda harus membuat database-nya terlebih dahulu. Sesudah database dibuat, buatlah user spesifik yang diset untuk bisa mengakses database tersebut. Setelah itu anda bisa memanfaatkan database dalam aplikasi anda dengan user dan database yang telah dibuat.

Langkah-langkah

Membuat database

  1. Untuk mengakses Menu Maintenance PostgreSQL, klik ikon di atas kalimat “PostgreSQL Databases” pada halaman utama antarmuka cPanel.
  2. Masukkan nama database yang ingin anda buat pada field “Db:”. Nama database anda nantinya adalah $NAMAUSER_$DB, contohnya: d56789_joomladb (dimisalkan user akun hosting anda adalah “d56789” dan nama database yang anda buat adalah “joomladb”).
  3. Klik “Add Db”.

Membuat user database

  1. Masuk ke “PostgreSQL Databases” pada halaman utama antarmuka cPanel.
  2. Masukkan nama user yang ingin dibuat pada field “UserName:”. Nama user anda nantinya adalah $NAMAUSER_$USERDB, contohnya: d56789_joomlaus.
  3. Masukkan password untuk user tersebut pada field “Password:”.
  4. Klik “Add User”.

Mengizinkan user mengakses database

  1. Masuk ke “PostgreSQL Databases” pada halaman utama antarmuka cPanel.
  2. Pilih user yang dimaksud pada drop-down menu di sebelah kata “User”.
  3. Pilih nama database yang boleh diakses oleh user yang telah dipilih di atas pada drop-down menu di sebelah kata “Db”.
  4. Pilih hak (provilege) apa saja yang diberikan pada user terhadap database yang telah dipilih di atas.
  5. Klik “Add User to Db”.

Setiap akun hosting memiliki batasan jumlah database PostgreSQL yang boleh dibuat. Lihat kembali jumlah database yang anda miliki jika suatu saat gagal membuat database baru.

Heru Setiawan has written 32 articles