Panduan pengguna cPanel-WHM 60/Domain/Add-on domain

Addon domain (dikenal juga dengan multiple domain) adalah salahsatu layanan webhosting yang memungkinkan pemilik akun hosting memiliki lebih dari satu domain pada satu akun hosting yang sama.

Pemilihan document root domain tambahan adalah sebarang (asalkan di dalam direktori home akun yang bersangkutan) sehingga pemilik hosting bisa memiliki lebih satu halaman web dengan nama domain yang berlainan. Document root bisa juga diset sama dengan document root domain utama, sehingga domain baru ini akan menampilkan halaman yang sama dengan domain utama saat diakses.

Langkah-langkah

Catatan: Jika ini domain yang baru Anda pesan di tempat kami dan belum bisa mengarahkan DNS sendiri, maka silakan buka tiket support untuk minta ditambahkan domainnya. Langkah di bawah ini untuk kasus di mana domain Anda sudah aktif dan Anda dapat mengelola sendiri DNS dan A record untuk diarahkan ke IP server hosting. Untuk menambahkan addon domain, A record harus sudah terlebih dahulu diarahkan ke IP server hosting. IP server hosting dapat dilihat dari halaman depan login control panel.

Sekali lagi, sebelum memulai langkah-langkah di bawah ini pastikan anda telah mengarahkan nama domain yang akan ditambahkan ke IP server di mana akun hosting anda berada.

  1. Masuk ke halaman utama antarmuka cPanel, lalu di kategori Domains pilihlah “Addon Domains”
  2. Masukkan nama domain yang baru pada field “New Domain Name”
  3. Domain baru ini bisa memiliki ftp user sendiri, username dan password untuk ftp ini dimasukkan ke dalam field “Subdomain/Ftp Username” dan “Password”
  4. Tentukan direktori yang akan dijadikan document root. Posisi direktori ini adalah relatif terhadap direktori home. Misal yang diisikan adalah public_html_tokoku.com, maka direktori yang sebenarnya adalah /home/USERNAME/public_html_tokoku.com. Jika anda ingin isi halaman web domain baru ini sama dengan isi web domain utama, isikan saja public_html sebagai document root (field “Document Root”).
  5. Klik “Add domain”

Jika penambahan addon domain gagal periksalah:

  • Apakah plan hosting anda telah diberikan fitur addon domain.
  • Apakah jumlah maksimum addon domain untuk akun anda sudah tercapai.
  • Apakah IP untuk domain tersebut sudah diarahkan ke server tempat akun hosting berada.
  • Apakah domain yang ditambahkan tersebut memang milik anda.

Reza has written 5 articles