Panduan administrator Spanel 1.3/Web/Alias per-subdomain

Apache memiliki direktif Alias (dan varian-variannya: ScriptAlias, AliasMatch, ScriptAliasMatch) untuk mengarahkan (melakukan mapping) sebuah path URL tertentu menjadi path fisik tertentu pula. Misalnya, di setiap instalasi default Apache, URL path /icons diarahkan ke direktori icon Apache, misalnya /usr/share/apache2/icons. Jadi jika ada orang yang mengakses website Andahttp://www.example.com/icons/icon1.jpg, maka bukannya /s/www.example.com/www/icons/icon1.jpg yang dicari oleh Apache tapi /usr/share/apache2/icons/icon1.jpg.

Menulis alias hanya dapat dilakukan di konfigurasi global Apache, tidak bisa di .htaccess.

Spanel mengizinkan kita menulis alias/mapping di level per subdomain, yaitu di file /s/SITE/sysetc/aliases. Walaupun file ini tetap harus dibuat oleh root (tidak bisa oleh user hosting yang bersangkutan), namun ini mempermudah beberapa hal karena tidak harus selalu menulis konfigurasi di level sistem.

Ketentuan file aliases

File ini harus dimiliki oleh root, permission-nya tidak boleh group/other-writable (jadi maksimal 644 atau 755), dan tidak boleh berupa symbolic link. Jika syarat ini dilanggar, maka Apache Spanel tidak akan mengacuhkan file ini, karena menganggapnya tidak aman/mencurigakan.

Format file aliases

Setiap baris dapat terdiri dari spesifikasi atau komen. Komen diawali # sama seperti di shell Unix. Spesifikasi formatnya:

<"http" atau "https">:REGEX PATH URL:PATH FISIK:IS FALLBACK:USE PATH OWNER FOR CGI

REGEX PATH adalah pola regex, PATH FISIK adalah path absolut ke filesystem, IS FALLBACK dan USE PATH OWNER FOR CGI saat ini dapat diisikan 0 dulu saja (XXX belum didokumentasikan).

Contoh:

http:/icons:/usr/share/apache2/icons:0:0

Baris di atas setara dengan perintah Apache “Alias /icons /usr/share/apache2/icons”.

Catatan

Mekanisme alias per-subdomain dipakai misalnya oleh skrip monitoring load. Jika load sebuah situs dianggap terlalu tinggi, maka skrip monitoring akan menulisi file aliases ini dengan:

http:.*:/path/ke/file/maintenance.html:0:0
https:.*:/path/ke/file/maintenance.html:0:0

File maintenance.html akan berisi peringatan bahwa sebuah situs sudah terlalu tinggi loadnya dan harap coba beberapa saat lagi.

Resita has written 705 articles