Panduan administrator Spanel 1.3/User/Backup

Perintah:

$ sudo /c/sbin/taruser

Skrip ini akan menghasilkan sebuah file terkompresi (.rar) yang terpotong-potong seukuran CD (700 MB) atau DVD (4GB) dan diberi password. Isinya adalah data seluruh akun user tersebut: file-file website, file-file di home, email, database, dll. Pada akhir proses backup, Anda akan diberi URL http:// agar bisa mendownload file hasil backup tersebut, dan juga password untuk membuka arsip .rar tersebut. Catatlah password-nya karena jika tidak, .rar tidak dapat dibuka nanti!

Umumnya skrip ini digunakan jika ada klien yang meminta backup untuk dikirimkan. Jika klien dapat mendownload sendiri, dapat kita berikan URL http:// nya dan passwordnya saja. Jika klien meminta backup dalam bentuk CD/DVD/flashdisk, dapat kita downloadkan dulu file-file via http:// tadi lalu rekam ke media, dan kirimkan kepada klien. Jangan lupa email/beritahu juga klien passwordnya.

Tanya jawab

Setelah membackup, saya lupa mencatat passwordnya. Window terminal terlanjur ditutup.

Backup ulang menggunakan skrip yang sama. Backup yang sebelumnya tidak dapat dipakai dan biarkan saja, nanti jika sudah tua (beberapa minggu) akan otomatis dihapus dari server.

Ukuran data besar sekali, mungkin tidak muat ke dalam 1 CD/DVD

Skrip taruser ini otomatis akan membelah-belah seukuran CD atau DVD.

Apakah saya boleh memberikan URL download tersebut kepada klien?

Boleh. URL ini didesain agar backup milik user lain tidak dapat dilihat karena nama direktori acaknya berbeda. Lalu, seandainya ada orang lain yang mengetahui alamat file backup ini, belum tentu bisa membukanya karena ada password.

Kenapa file kompresi harus dipassword?

Agar jika diambil orang lain (lewat http://, lewat CD yang dikirimkan) tetap tidak bisa diambil file-filenya. File-file milik user hosting ada yang bersifat private, seperti database, email, password, dsb.

Kenapa menggunakan RAR dan bukan .tar.gz/.tar.bz2?

Tarball (tgz/tbz2) tidak mendukung enkripsi menggunakan password. Tar + enkripsi PGP/GPG tidak terlalu umum didukung karena lebih sedikit orang yang memiliki software PGP/GnuPG. Format ZIP standar enkripsinya lemah.

Berapa lama proses backup?

Tergantung dari kecepatan harddisk dan CPU. Sebagai patokan kasar, antara 5-20 MB data per detik ditambah waktu kompresi 1-10 MB/s.

Resita has written 705 articles