Panduan administrator Spanel 1.3/DNS/Penyelesaian masalah

Server DNS sama sekali tidak menjawab query apapun

1. Pastikan PowerDNS hidup dan berjalan baik. Silakan cek log /var/log/daemon.log untuk petunjuk lebih jauh. Beberapa kemungkinan masalah adalah:

1.a. Backend MySQL gagal konek ke database MySQL karena daemon MySQL tidak hidup atau tidak mengizinkan login. Silakan cek apakah user/host/db/password MySQL sudah benar di /etc/powerdns/pdns.conf.

1.b Backend Bind crash karena gagal memparsing file zona bind tertentu.

2. Database MySQL mungkin kosong/rusak. Silakan lakukan sinkronisasi ulang dari semua server hosting jika memang rusak/hilang.

Zona baru dari server hosting belum dikenali juga di server DNS

Anda sudah membuat akun hosting baru di server Spanel dengan domain example.com, tapi saat dicek di server DNS, domain ini belum dikenali juga setelah sekian lama (lebih dari 5 menit):

$ host example.com dns1.company.com
Using domain server:
Name: dns1.company.com
Address: 1.2.3.4#53
Aliases:

Host example.com not found: 2(SERVFAIL)

Untuk mengeceknya, coba lakukan sinkronisasi manual. Di server hosting:

$ spanel sync-zones example.com

Skrip di atas akan menghubungi semua server DNS yang ada untuk mengirimkan zona example.com untuk disinkronisasi. Masalah yang mungkin terjadi:

1. Terjadi masalah koneksi/jaringan/firewall, sehingga server hosting tidak dapat menghubungi port 950 server DNS. Silakan periksa setting jaringan dan firewall kedua server.

2. Connection refused. Cek apakah servis spanel berjalan di server DNS dan tidak ada setting firewall yang memblokirnya (port 1010). Servis spanel-job dapat juga berjalan tapi tidak mendengarkan remote API call di port 950 jika beberapa syarat tidak terpenuhi, silakan periksa log /var/log/spanel/spaneld-error.log untuk indikasi lebih lanjut.

3. Terjadi masalah otentikasi, sehingga server hosting ditolak. Silakan periksa apakah user ‘hosting-server’ sudah ada di server DNS dan passwordnya benar/sama dengan yang dicatat di /etc/spanel/passwords.yaml server hosting.

4. Tidak ada server DNS yang dihubungi, atau server yang dihubungi salah, atau server DNS dimaksud (dalam contoh ini: dns1.company.com) tidak ikut dihubungi. Silakan periksa konfigurasi server hosting di /etc/spanel/spanel.yaml pada bagian dns/servers dan pastikan alamat IP/hostname dns1.company.com sudah tercantum di sana.

Zona baru dari server hosting mengarah ke server lain

Anda sudah membuat akun hosting baru di server Spanel (mis: IP 1.2.3.15) dengan domain example.com, tapi saat dicek di server DNS, domain ini malah mengarah ke server lain (mis: 1.2.3.16):

$ host example.com dns1.company.com
Using domain server:
Name: dns1.company.com
Address: 1.2.3.4#53
Aliases:

example.com has address 1.2.3.16

Untuk mengeceknya, coba lakukan sinkronisasi manual. Di server hosting:

# spanel sync-zones example.com

Beberapa kemungkinan:

1. Domain example.com tersebut sudah ada di server hosting lain. Silakan hapus akun/domain yang duplikat ini.

2. Domain example.com disebutkan milik server hosting lain tertentu, tapi server hosting ini sudah tidak ada. Untuk ini, silakan hapus data server hosting lama ini dari database MySQL PowerDNS, mis: dengan query SQL DELETE FROM domains WHERE account LIKE ‘sserver12;%’ di mana server12 adalah nama server lama tersebut. (XXX Perlu ada cara agar tidak manual).

Update zona DNS di server hosting tidak tercerminkan di server DNS

Anda sudah mengedit zona DNS (mis: menambah/mengedit record DNS) di server hosting lewat antarmuka web Spanel, namun domain ini belum refresh juga setelah sekian lama (lebih dari 5 menit):

1. Apakah di tempat Anda resolver DNS-nya masih terkena cache TTL? Silakan periksa dengan dig atau host -v. Default setting template zona DNS di Spanel adalah TTL 5 menit, tapi mungkin saja untuk domain Anda berbeda bergantung pada hasil edit Anda atau template dari admin server hosting.

2. Periksa apakah komunikasi ke server DNS berjalan benar (lihat bagian sebelumnya: #Zona baru dari server hosting belum dikenali juga di server DNS)

Akun hosting / zona DNS sudah dihapus di server hosting, tapi di server DNS masih ada

Silakan lihat bagian sebelumnya: #Update zona DNS di server hosting tidak tercerminkan di server DNS

Zona DNS dari server Plesk atau cPanel tidak muncul di server DNS

1. Pastikan server hosting cPanel / Plesk maupun server DNS telah disetting agar bisa saling berkomunikasi. Lihat panduannya: Panduan administrator Spanel 1.3/DNS/Setup/Server/cPaneldan Panduan administrator Spanel 1.3/DNS/Setup/Server/WinPlesk.

2. Coba lakukan pengambilan zona secara manual. Di server DNS:

# /c/sbin/get-dns-zone-files --debug

atau jika hanya ingin mengambil dari 1 server saja:

 # /c/sbin/get-dns-zone-files --debug NAMASERVER

Beberapa kemungkinan masalah yang mungkin terjadi:

a. Gagal berkomunikasi karena masalah jaringan/firewall/koneksi. Silakan periksa setting jaringan dan firewall kedua server.

b. Gagal otentikasi. Silakan cek apakah public key ~spanel-data server DNS sudah terpasang dengan baik di server hosting. Silakan lihat panduan setup sebelumnya.

c. Ada domain yang dobel/duplikat. Silakan hapus akun/domain yang duplikat tersebut di server hosting masing-masing lalu lakukan sinkronisasi ulang.

d. Sinkronisasi berhasil, tapi PowerDNS gagal memparsing file Bind dari zona-zona yang telah diambil. Silakan lihat /var/log/daemon.log untuk petunjuk mengenai hal ini.

Zona DNS dari server Plesk atau cPanel lama masih di server DNS

Anda sudah memberhentikan sebuah server hosting Plesk/cPanel, tapi zona-zonanya masih muncul di server DNS.

Untuk menghapus zona server lama dari server DNS, caranya:

1. Buanglah konfigurasi server lama tersebut dari /etc/spanel/servers/ di server DNS.

2. Hapuslah direktori ~spanel-data/plesk-bind.NAMASERVERLAMA.d/ atau ~spanel-data/cpanel-bind.NAMASERVERLAMA.d/.

3. Lakukan /c/sbin/get-dns-zone-files lalu restartlah PowerDNS.

Resita has written 702 articles