Milis (ezmlm) (Spanel)

Milis (milist, maillist, mailing list, email list) adalah sarana berkomunikasi lewat email. Dengan berlangganan (subscribe) sebuah alamat milis, misalnya pelanggan@example.com, seseorang dapat menerima posting dari moderator atau anggota milis lain. Jika ia mengirim email ke alamat milis, postingnya akan diterima oleh semua anggota lain.

Ezmlm adalah sebuah software gratis/open source untuk manajemen milis.

 

Membuat milis

Untuk membuat milis, kita menggunakan mailing list manager. Tapi sebelum itu, karena untuk masuk ke mailing list manager dibutuhkan password, kita tambahkan dulu user dan passwordnya.

Loginlah ke control panel hosting lalu klik Passwords, lalu klik Mailing List Manager Passwords. Tambahkanlah user dan password yang diinginkan. Klik Submit.

Lalu untuk masuk ke mailing list manager, akseslah http://DOMAIN/spanel lalu klik Mailing List Manager.

Untuk membuat milis, klik tombol “[Create]” > tentukan nama milisnya pada List Address (ikuti setting default untuk opsi yang ada) > klik “[Create List]“.

Input nama milis pada List Address, lalu “[Create List]”.

Setting milis

Untuk setting milis, masukkan nama dan password Listowner dan pilih milis yang ada, lalu klik “[Edit]“.

Mengeset/Menambah Subscriber

Untuk mengeset atau menambah Subcribers untuk milis, input email yang akan dijadikan Subscriber, lalu klik “[Add Address]“. Untuk menghapus Subscriber, pilih subscriber yang ada pada list (select box) > klik “[Delete Address]“.

Mengeset moderator

Untuk menset user sebagai Moderator, edit milis yang diinginkan lalu klik “[Moderators]” > input email yang ingin dijadikan Moderator, lalu “[Add Address]“. Untuk menghapus Moderator, pilih Moderator yang ada pada list (select box) > klik “[Delete Address]“.

subscription moderation

Subscription moderation (moderasi berlangganan) adalah setting dimana calon anggota harus disetujui dulu sebelum menjadi anggota.

Untuk menghidupkan setting ini, edit milis yang diinginkan lalu klik “[Configuration]” > lalu centang opsi “Moderated Subscription” > klik “[Update Configuration]“.

Pada konfigurasi, beri centang untuk “Moderated Subscription“.

Klik “[Update Configuration]” untuk update konfigurasi.

posting moderation

Posting moderation (moderasi posting) adalah setting di mana posting anggota harus disetujui moderator dulu sebelum posting masuk ke milis dan tersebar ke anggota lainnya.

Untuk menghidupkan setting ini, edit milis yang diinginkan lalu klik “[Configuration]” > lalu centang opsi “Moderated Posting” > klik “[Update Configuration]“.

lampiran (attachment)

Definisikan tipe file disini untuk melarang jenis attachment terkirim pada mailing list Anda. Edit milis yang diinginkan lalu klik “[Configuration]” dan pada bagian:

Ilustrasi diatas menyatakan bahwa tipe file excel(.xls), msword(.doc), html, dan lainnya tidak diperbolehkan sebagai attachment. Daftar type file (MIME Type), selengkapnya bisa merujuk kehttp://www.webmaster-toolkit.com/mime-types.shtml

archiving

Untuk aktifkan archiving pada milis yang ada, caranya edit milis yang diinginkan lalu klik “[Configuration]” > lalu centang opsi “Archived” > klik “[Update Configuration]“.

Yahoo! Groups / Google Groups

Saat ini web-based interface untuk Ezmlm kurang bagus/lengkap, karena itu Anda dapat mempertimbangkan menggunakan layanan milis gratis seperti Yahoo! Groups atau Google Groups untuk milis Anda. Kami memberikan tutorialnya di sini:

Link

Resita has written 702 articles