Menggunakan git di Spanel

Lewat SSH

Untuk cara ini, yang dibutuhkan hanyalah program “git” terpasang di server hosting (umumnya sudah) dan akun Anda memiliki akses SSH (aktifkan dulu jika belum, baca petunjuknya). Untuk praktisnya, sebaiknya Anda juga menggunakan key SSH agar tidak capai memasukkan password login terus-menerus. Dan saran lainnya, sebaiknya Anda menghidupkan koneksi persisten untuk mempercepat koneksi.

Dalam contoh ini, diasumsikan akun Anda memiliki username k12345, hostname server adalah example.com. Asumsi pula, Anda menaruh repositori-repositori git Anda di ~/repos. Asumsi repositori Anda bernama repo1.

Asumsi Anda menggunakan Linux untuk workstation Anda.

Melakukan push ke repositori server

Use case: Anda sudah memiliki repositori git lokal, ingin melakukan push ke repositori di server untuk tujuan backup.

% ssh k12345@example.com 'mkdir -p repos/repo1 && cd repos/repo1 && git init --bare'; # langkah ini cukup sekali saja, berikutnya tidak perlu
% cd repo1
% git push ssh://k12345@example.com/~/repos/repo1 master

Gantilah master dengan nama branch repositori Anda yang sebenarnya (jika berbeda). Ulangi perintah untuk semua branch yang ingin di-push.

Melakukan clone dari repositori server

Use case: Anda memiliki repositori git di server dan ingin meng-clone-nya ke komputer lokal Anda.

% git clone ssh://k12345@example.com/~/repos/repo1

Melakukan pull dari repositori server

Use case: Anda memiliki repositori git lokal dan juga di server, Anda ingin melakukan pull update dari repositori di server.

% cd repo1
% git pull ssh://k12345@example.com/~/repos/repo1 master

Gantilah master dengan nama branch repositori Anda yang sebenarnya (jika berbeda). Ulangi perintah untuk semua branch yang ingin di-pull.

Resita has written 702 articles