Memforward email ke program

Hi MWN’ers

Tanya

Bagaimana cara memforward e-mail yang masuk agar diproses oleh skrip, misalnya skrip PHP?

Jawab

Misal email yang ingin di-set adalah support@example.com, ingin di-forwardkan/pipeline ke skrip proses.php yang ada di document root.

Caranya:

  1. Login ke control panel
  2. Pilih Subdomain Manager
  3. Pilih subdomain yang diinginkan, pada contoh ini: example.com, klik Files
  4. Masuk ke subdirektori qmail/
  5. Buatlah file bernama .qmail-support (perhatikan penamaan, dot diikuti qmail-support) yang isinya (perhatikan tanda garis vertikal):
| php /s/example.com/www/pipe.php

Catatan: nama file .qmail mengikuti alamat email yang diinginkan. Jika alamatnya adalah inventory@example.com, maka buatlah file .qmail yang bernama .qmail-inventory (dot diikuti qmail-inventory).

Dengan begini, jika ada sebuah email masuk ke support@example.com, maka akan otomatis mengeksekusi skrip PHP tersebut. Skrip Anda akan menerima email dalam standard input (php://stdin) yang lalu bisa dibaca dengan fungsi fopen(), fread(), dll. Silakan baca manual PHP mengenai “Using PHP from the command line”.

Skrip juga dapat ditulis dalam bahasa lain, misalnya Perl, dll.

Catatan: Email tidak akan masuk ke mailbox, jadi jika skrip Anda tidak menyimpan email ini dalam sebuah bentuk tertentu di disk, maka akan hilang. Untuk tetap menyimpan ke mailbox, lakukan hal berikut: Buatlah POP account support lalu tambahkan baris kedua ini di bawah baris pertama di atas ke file .qmail-support:

| /usr/bin/vdeliver

Catatan: fasilitas ini sering disebut juga dengan istilah ’email piping’.

Syaiful has written 23 articles