Internal Server Error

Pesan kesalahan ini dijumpai di browser dan dihasilkan oleh webserver (Apache).

Untuk mencari penyebab kesalahan ini, Anda perlu melihat file log error webserver untuk mengetahui detil pesan kesalahan yang diberikan oleh webserver.

Options

Di server hosting, umumnya ini terjadi karena terdapat kesalahan di file .htaccess, khususnya direktif Options yang tidak diperbolehkan di server hosting. Jika memang benar seperti ini, maka di file log error situs pesannya kurang lebih seperti ini:

[Wed Nov 24 01:21:53 2010] [alert] [client 1.2.3.4] /s/example.com/www/.htaccess: Options not allowed here

Untuk memperbaikinya, suntinglah file .htaccess dan komen baris Options dengan menambahkan karakter # (pagar) di awal baris. Contoh:

Options +Indexes

menjadi:

#Options +Indexes

Jika cara di atas masih juga tidak membantu, Anda dapat mencoba memeriksa versi PHP hosting yang Anda gunakan melalui menu php version atau select php version. Kemudian, ubah versi PHP Anda menjadi 5.4 atau dengan versi paling baru.

Versi PHP yang Anda gunakan juga turut mempengaruhi hal ini. Karenanya, jangan lupa cek juga pada versi mana website bisa ditampilkan dengan normal.

Apabila cara di atas masih juga belum bisa menyelesaikan persoalan Anda, silakan coba matikan semua plugin Anda kemudian cek apakah website bisa ditampilkan. Terkadang, plugin yang tidak kompatibel dapat mengakibatkan gangguan seperti ini.

Hardit has written 22 articles