Instalasi Joomla

Hi MWN’ers

Joomla – Joomla merupakan salah satu CMS ( Content Management System) terbaik saat ini yang memungkinkan Anda untuk membangun website dengan cepat, mudah, dan dapat diandalkan. Banyak kelebihan yang dimiliki Joomla! sehingga menjadi salah satu software website paling populer, termasuk di dalamnya adalah kemudahan dalam penggunaan dan pengembangannya. Saat ini joomla banyak digunakan untuk membuat website perusahaan, sekolah dan blogging. Nah jika Anda bisa mengusai joomla maka Anda bisa membuat website sendiri dengan mudah tanpa harus menjadi web master dahulu. Dalam mempelajrai joomla skill yang dibutuhkan cukup materi dasar HTML, PHP, CSS dan MySQL.

Instalasi

Cpanel

Cpanel menyediakan installer untuk aplikasi ini.

1. Loginlah ke Cpanel lalu klik pilih menu softaculous apps installer

2. Pilih joomla pada menu di softaculous apps installer

3. Instalasi jommla

4. Konfigurasi Instalasi Joomla

5. Tunggu hingga proses instalasi selesai.

6. Setelah selesai, maka akan muncul tulisan Congratulations, the software was installed successfully. Itu menandakan bahwa proses instalasi Joomla telah berhasil.

7. Untuk mengakses halaman utama maka klik domain tersebut. Sedangkan untuk mengakses halaman admin, maka tuliskan /administrator setelah nama domain. Misalnya domainesia.com/administrator. Maka akan muncul halam login seperti ini.

8. Selesai maka Joomla Telah terpasang di hosting anda.


			

Resita has written 702 articles