G Suite

Hi! Mwn’ers

G Suite dulu disebut google Apps. G Suite adalah suatu layanan cloud yang mempermudah perusahaan untuk berkolaborasi antar karyawan dan atasan. Dikutip dari Google Support, G Suite adalah paket layanan berbasis cloud yang dapat menyediakan cara baru untuk bekerja sama secara online bagi perusahaan atau sekolah. G Suite menawarkan aplikasi berbasis web yang dapat kita manfaat untuk produktifitas sehari-hari seperti email,calendar dll. Untuk langkahnya berikut ini:

1. Mengakses G Suite

Pertama yang harus kamu lakukan adalah mengakses https://gsuite.google.com/ dan membuat akun G Suite terlebih dahulu. Kamu bisa lihat beberapa fitur serta harga yang ditawarkan oleh G Suite. Untuk mempermudah para pemula, kamu bisa mengubah bahasa yang digunakan dalam website. Silahkan scroll hingga ke bagian bawah website lalu klik Change Language dan pilih Bahasa Indonesia.

2. Mulai Menggunakan G Suite

Menggunakan G Suite dengan klik Mulai Uji Coba Gratis. Google memberikan waktu 14 hari agar kamu bisa mencoba layanan cloud G Suite tanpa memerlukan informasi pembayaran atau software yang harus di download. Kamu hanya perlu nama domain sendiri/ perusahaan, jumlah karyawan dan nama karyawan untuk dibuatkan email pengguna.

3. Mendaftar Akun G Suite

Setelah klik Mulai Uji Coba Gratis, kamu harus mendaftar akun G Suite terlebih dahulu. Silakan tulis nama bisnis atau nama perusahaan kamu. Lalu tentukan jumlah karyawan yang kamu miliki. Hal ini bertujuan untuk mengetahui jumlah karyawan yang dimiliki suatu perusahaan, berapa jumlah pengguna G Suite (selain admin) yang bisa ditambahkan, dan untuk mengetahui kapasitas penyimpan cloud yang dibutuhan suatu akun. Kemudian pilih negara di mana perusahaan kamu didirikan, pilih saja Indonesia. Jika sudah, silahkan klik Berikutnya. Langkah awal dalam mengikuti cara setting email G Suite yaitu kamu harus punya akun G Suite terlebih dahulu.

4. Menambahkan Info Kontak

Hal yang paling penting dalam langkah cara setting email G Suite yaitu memiliki akun admin G Suite untuk pengelolaan di Google Admin. Ingat! Sekarang kamu akan menjadi admin dari G Suite. Admin atau Administrator memiliki kuasa untuk menambahkan pengguna, mengaktifkan email pengguna (karyawan) dan mengizinkan pengguna untuk mulai menggunakan layanan. Admin juga dapat melakukan setting privasi, mengontrol akses pengguna, melacak penggunaan dan tren serta mengelola perangkat seluler pengguna. Silahkan tulis Nama depanNama belakang serta email kamu. Setelah pembuatan akun selesai, nantinya G Suite akan mengirimkan rincian akun G Suite kamu. Nah, akun G Suite inilah yang akan kamu gunakan untuk login ke Halaman Google Admin.

5. Memasukkan Nama Domain

 Pastikan kamu memiliki domain sendiri atau domain perusahaan ya! Masih ingat kan apa itu domain? Domain adalah nama dari website misalnya websitesaya. net, contoh. com dan sebagainya. 

Jika sudah, silahkan masukkan nama domain kamu. Lalu klik Berikutnya!



Nah Google ingin berbagi ide hebat dengan kamu lho! Google akan mengirimkan berbagai tips dan penawaran khusus di email kamu. Apabila bersedia, silahkan klik Oke.

6. Membuat Akun Admin G Suite

Saatnya membuat akun admin di G Suite. Jika tadi, kamu telah menambahkan email yang akan digunakan untuk mendaftar akun, sekarang saatnya membuat akun admin G Suite. Akun admin ini nanti digunakan untuk login halaman Google Admin ya. Karena ini akan membuat email, maka domain yang digunakan untuk membuat email adalah domain yang telah kamu daftarkan tadi. Silahkan tulis Nama Pengguna serta sandi (password). Lalu jangan lupa untuk memberikan tanda centang pada tulisan Saya bukan robot. Jika sudah, klik Setuju dan Buat Akun. Selalu ingat nama pengguna dan passwordnya.

7. Akun G Suite Telah Berhasil Dibuat!

G Suite telah berhasil dibuat! Sekarang saatnya kamu melakukan sinkronisasi akun G Suite dengan Gmail agar mudah dalam melakukan pengelolaan email. Silahkan klik Buka Penyiapan.

Setelah itu silahkan login menggunakan email akun Admin G Suite yang tadi telah dibuat. Silahkan tulis password lalu Login.  Jika terdapat verifikasi nomor telepon silahkan lakukan verifikasi terlebih dahulu. Jika muncul Terms of Service yang berisi ketentuan dari pihak Google, silahkan klik Terima. Apabila tidak ada, silahkan lanjut ke step di bawah ini.

8. Menambahkan Karyawan ke Akun G Suite

Saatnya menyiapkan akun G Suite untuk seluruh karyawan kamu. Masih ingat kan, bahwa Admin atau Administrator dapat membuatkan akun untuk beberapa pengguna/ karyawannya. Akun ini dapat digunakan karyawan untuk masuk ke Gmail, Google Drive, Hangouts dan sebagainya. Silahkan klik Tambahkan orang ke akun G Suite lalu klik Mulai.


Setelah itu, kamu bisa menambahkan Nama DepanNama Belakang serta nama pengguna untuk digunakan didepan nama domain. Misalnya kamu ingin memberi nama karyawan 1 dengan karyawan1@namadomain.com. Lalu silahkan klik Tambahkan. Kamu bisa menambahkan beberapa akun karyawan sesuai keinginan. Jika sudah, silahkan beri tanda centang pada tulisan “Saya menambahkan semua alamat email pengguna yang saat ini menggunakan @namadomain.com”. Jika sudah, kamu bisa klik Berikutnya.

kamu bisa kirimkan email ke akun email karyawan yang isinya pemberitahuan bahwa sekarang terdapat email baru dengan nama domain perusahaan menggunakan G Suite. Silahkan tulis email lama dari karyawan dan kamu juga bisa menambahkan pemberitahuan sesuai yang diinginkan. Jika sudah, silahkan klik Kirim Email.

9. Melakukan Verifikasi Domain

Setelah menambahkan karyawan (akun pengguna) ke akun G Suite, sekarang saatnya lakukan verifikasi domain. Kami sarankan untuk melakukan verifikasi domain menggunakan metode TXT agar lebih mudah. Klik “Pilih metode lain” lalu pilih “Menambahkan data TXT ke domain”. Lalu silahkan ikuti langkah-langkah yang yang sudah dirangkum oleh Google. Silahkan masuk ke situs web host domain kamu. Tulis namadomain di web browser. Hal tersebut untuk membantu pengecekan apakah nama domain kamu masih aktif atau tidak. Jika aktif, silahkan beri tanda centang “Saya telah berhasil masuk”.

10. Membuka Panel Kontrol Domain

11. Menambahkan Data TXT ke Domain

Kemudian, kamu akan diarahkan ke halaman data TXT. Nah, data TXT inilah yang harus kamu masukkan ke cPanel

Jika Domain terhubung dengan Hosting
Maka kamu harus menambahkan data TXT melalui cPanel Hosting.
a. Silahkan login ke cPanel Hosting terlebih dahulu.
b. Setelah itu cari Menu Zone Editor. Kemudian klik Manage pada domain yang diinginkan.
c. Kemudian pilih TXT dan klik Add Record. Setelah itu pilih Add TXT Record
d. Silahkan salin/ copy nilai record TXT dari G Suite dan lakukan paste di Zone Editor tadi.

Setelah itu silahkan klik Add Record.

Apabila kamu sudah menambahkan data TXT ke domain, silahkan beri tanda centang pada tulisan “Saya menambahkan data verifikasi TXT” agar bisa melaju ke langkah selanjutnya.

12. Menyimpan Data TXT ke Domain

Nah karena kamu tadi sudah klik Add Record atau Save Changes, itu berarti kamu sudah melakukan penyimpanan data TXT. Silahkan beri tanda centang pada tulisan “Saya telah menyimpan data verifikasi TXT

Menghapus dan Membuat Data MX Record


13. Menghapus Data MX Record

Maka kamu harus menghapus MX record melalui cPanel Hosting.
a. Silahkan login ke cPanel Hosting terlebih dahulu.
b. Setelah itu cari Menu Zone Editor . Kemudian klik Manage pada domain yang diinginkan.
c. Kemudian pilih MX dan pilih Domain. Setelah itu klik Delete untuk menghapus data MX record

14. Membuat Data MX Record

Jika sudah, silahkan beri tanda centang pada “Saya membuat data MX baru


15. Menyimpan Data MX

 tahap demi tahap verifikasi email sudah kamu lakukan. Saatnya kamu klik Verifikasi Domain dan Siapkan Email.

Tunggu hingga proses verifikasi selesai!

Membuka Google Admin

Step by step cara setting email G Suite hampir selesai! Silahkan klik Lanjutkan untuk dapat login ke Google Admin.

Masukkan email admin@namadomain dan masukkan password. Tunggu sebentar maka kamu akan diarahkan ke halaman Google Admin.





Panji has written 21 articles