FAQ PHP

Hi MWN’ers

Umum

PHP adalah sebuah bahasa pemrograman yang khusus digunakan untuk membuat website atau aplikasi berbasis web. Saat ini, jika anda sekedar ingin membuat sebuah ‘blog’ anda cukup menggunakan CMS (Content Management System). Namun, jika anda hendak membuat aplikasi yang cukup rumit seperti aplikasi Human Resources, Aplikasi Keuangan seperti reksadana, atau aplikasi lainnya yang memerlukan banyak kustomisasi, maka anda perlu mengerti tentang bahasa pemrograman.

PHP bukanlah satu-satunya bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membuat web. Bahasa pemrograman yang lainnya misalkan ASP.NET, Java dan Ruby. Untuk bahasa pemrograman yang lainnya, mungkin akan saya bahas lain kali.

Apa itu PHP?

Sebelumnya, sudah saya tulis bahwa PHP adalah bahasa pemrograman web. Namun, saya rasa tidak cukup hanya menjelaskannya sebagai bahasa pemrograman web. Dalam membuat website terkadang kita menggunakan bahasa lain juga, seperti HTML dan Javascript, perbedaan antara PHP, HTML dan Javascript secara sederhana adalah sebagai berikut:

Apakah mod_php (mod_php5) tersedia di server hosting?

Di server shared hosting, PHP berjalan dengan modus CGI/FastCGI, karena modus modul Apache tidak cocok untuk shared hosting (tidak ada separasi antaruser, semua user berjalan sebagai user webserver, ini tidak aman).

Jika Anda membutuhkan PHP berjalan dengan modus modul Apache, Anda bisa menggunakan layanan VPS atau dedicated server. Cara setupnya dapat dibaca di sini.

Akselerator/cache

Akselerator/cache apa yang didukung di server hosting?

Karena di server shared hosting digunakan modus eksekusi CGI, maka akselerator/cache menjadi tidak begitu relevan/berguna.

Namun di server hosting berbasis Spanel, Anda bisa mencoba menggunakan EAccelerator.

This entry was posted in   FAQ.
Bookmark the   permalink.

Resita has written 702 articles