FAQ Pelanggan hosting baru

Saya sudah selesai mendaftar hosting (dan domain). Bagaimana cara membuat websitenya?

(FIXME: Website Builder)

Untuk membuat website, ada beberapa alternatif:

  1. Anda membuat file-file HTML (bersama gambar, dll) lalu menguploadnya ke server. Software untuk membuat file-file HTML ini ada banyak, di antaranya Microsoft Frontpage (bagian dari suite Office) dan Adobe DreamWeaver. Anda juga sebetulnya bisa membuat file HTML dengan cara mengekspor (save as) dari program pengolah kata seperti Microsoft Word atau OpenOffice.org Writer.
  2. Anda menyewa jasa orang/badan lain untuk membuatkan website untuk Anda (jasa webdesign atau web development). Ada banyak yang menawarkan jasa seperti ini, bisa dicari baik lewat Internet, surat kabar, halaman kuning (yellow pages), dll.

Mencari jasa web development:

Saya sudah selesai mendaftar hosting (atau membeli domain, atau mengupload website). Kenapa ketika saya cari di Google tidak ada?

Website yang baru didaftarkan atau baru selesai diupload tidak otomatis tampil di search engine seperti Google. Search engine seperti Google perlu melakukan spidering (“penjelajahan” atau “kunjungan”) terhadap sebuah website terlebih dahulu. Untuk mengetahui keberadaan website, biasanya dari link dari website lain atau dapat juga kita beritahukan langsung kepada Google. Dan ini membutuhkan waktu dari 1-2 hingga beberapa hari atau bahkan lebih.

Jadi untuk menambahkan/mendaftarkan website Anda di Google, Anda dapat memberitahukan keberadaan website ini ke website lain atau mailing list/forum di Internet. Atau menambahkannya langsung ke Google. Atau menggunakan jasa-jasa pendaftaran website ke search engine (search engine submission).

Informasi tambahan:

Saya masih pemula. Saya punya banyak pertanyaan lain seputar hosting dan Internet.

Silakan bergabung dengan berbagai komunitas yang ada di Internet seperti mailing list dan forum.

Di mana mencari control panel hosting? Saya mencari di Start Menu > Control Panel, tapi tidak ada yang berhubungan dengan hosting?

Istilah “control panel hosting” adalah untuk sebuah aplikasi online (berupa website yang diakses lewat program browser Anda) yang dapat Anda pakai untuk mengatur account hosting Anda, seperti membuat account email, membuat subdomain baru, melihat statistik website Anda, mengupload file, dll.

Alamat control panel hosting diberikan lewat email saat account hosting Anda diaktivasi. Jika Anda lupa, silakan bertanya ke bagian support kami.

Kadang istilahnya dibingungkan dengan istilah “control panel” yang lain, misalnya “control panel Windows” (yang diakses lewat Start Menu di komputer Windows Anda). Control panel yang ini tidak ada hubungannya dengan control panel hosting.

This entry was posted in   FAQ.
Bookmark the   permalink.

Resita has written 705 articles