FAQ Billing hosting

PEMBAYARAN DAN KONFIRMASI PEMBAYARAN

Saya sudah melakukan pembayaran, tapi belum ada konfirmasi sampai sekarang (sudah lewat setengah/satu/dua/… hari)?

Saya sudah melakukan pembayaran, tapi kenapa tetap ditagih?

Saya sudah bayar, tapi kok akun hosting saya tetap disuspend/didisable?

Saya sudah bayar, tapi domain saya kok tidak didaftarkan /diperpanjang?

Dikemanakan uang saya?

Jika Anda memang sudah membayar namun belum ada email konfirmasi dari kami setelah lebih dari beberapa jam, maka masalah ini kemungkinan besar muncul karena kami tidak dapat mengidentifikasi pembayaran Anda sewaktu Anda membayar. Kemungkinan karena Anda tidak segera melakukan konfirmasi pembayaran dan memberitahukan kepada kami bahwa Anda telah membayar, atau konfirmasi Anda tidak akurat sehingga kami tetap belum dapat mengidentifikasi pembayaran Anda.

Pada umumnya jika pembayaran dapat dideteksi oleh sistem, kami dapat mengirimkan email konfirmasi pembayaran dalam waktu 15-30 menit (untuk pembayaran ke rekening perorangan kami) atau 1-2 hari kerja (untuk pembayaran ke rekening giro PT kami).

Jika sudah lewat jangka waktu tersebut, mohon segera hubungi kami dan beritahu kami kapan Anda membayar, lewat bank/cara apa, dan jumlahnya berapa. Kami akan segera mengeceknya untuk Anda.

Mengapa pembayaran saya tidak dapat diidentifikasi/dikenali?

Ada beberapa kemungkinan:

  • Anda membayar tunai tanpa mengirim berita yang sesuai (misalnya ada nama Anda yang sama dengan pendaftar, nama domain, ID tagihan);
  • Anda membayar dengan jumlah yang tidak sesuai (misalnya kurang, terlalu banyak, digabung membayar beberapa tagihan sekaligus, membayar langsung 2 atau 3 periode tanpa menyesuaikan tagihannya dulu);
  • Anda membayar dari rekening dengan nama lain (dan tidak pernah membayar dari rekening ini sebelumnya);
  • Anda membayar sebelum keluar tagihan (sistem kami mengecek dari tagihan yang ada);
  • dll.

Kenapa saya harus konfirmasi pembayaran? Kenapa jika bayar layanan lain seperti bayar tagihan ponsel atau TV berlangganan lewat ATM/internet banking/SMS banking, saya tidak perlu konfirmasi pembayaran?

Karena kami saat ini menggunakan rekening tabungan seperti Tahapan BCA atau Tabungan Mandiri, maka konfirmasi dari Anda diperlukan untuk mengidentifikasi transaksi mana di catatan mutasi rekening yang merupakan transaksi Anda.

Bagaimana cara melakukan konfirmasi pembayaran?

Silakan lihat di sini.

Kurs PayPal yang dipakai berdasarkan apa?

Kurs yang digunakan adalah kurs tengah ((jual+beli) / 2) BCA dikurangi 3% untuk menutupi komisi dari PayPal, dan diupdate 3x sehari. Contoh: jika kurs dolar BCA saat ini adalah Rp 9000,-, maka kurs yang kami pakai adalah 9000 – 3% x 9000 = Rp 8730,-.

TAGIHAN

Tagihan hosting dihitung mulai kapan

Tagihan dihitung mulai tanggal order, bukan tanggal pembayaran, maupun aktivasi. Karena itu bayarlah order pada hari yang sama untuk meminimasi “kerugian”. Atau, jika ingin hosting seminggu lagi dari hari ini misalnya, lakukan order pada minggu depan dan bukan hari ini.

Kapan tagihan dikirim?

20 hari sebelum jatuh tempo.

UPGRADE/DOWNGRADE

Apakah saya bisa upgrade/downgrade paket kapan saja? Apakah sisa biaya berlangganan diperhitungkan?

Ya, tapi dengan beberapa catatan:

  • jika Anda pindah dari paket besar ke paket lebih kecil, maka mungkin saja Anda akan mengalami disk quota penuh atau beberapa fitur jadi tidak jalan karena quota paket kecil lebih sedikit atau beberapa fitur tidak tersedia di paket lebih kecil tersebut;
  • perpindahan ke paket tertentu mungkin akan berakibat pindah server, karena kami umumnya membedakan menaruh paket-paket tertentu di server berbeda;
  • jika Anda upgrade maka mungkin saja Anda harus menambah biaya (muncul invoice baru) dikarenakan sisa biaya berlangganan Anda kurang. Contoh, Anda berlangganan paket A sebesar 10rb per bulan dengan siklus billing 6 bulan. Di bulan kelima Anda ingin upgrade ke paket B sebesar 20rb per bulan dengan siklus billing 3 bulan. Maka sisa biaya berlangganan Anda adalah 10rb (1 bulan paket A) dan harus menambah biaya sebesar 60rb (3 bulan paket B) – 10rb = 50rb (+PPN jika ada).
  • perpindahan antar paket tertentu dikenakan biaya. Misalnya, dari paket hosting Spanel ke cPanel dikenakan biaya migrasi beda control panel. Untuk biayanya dapat dilihat di Daftar harga MWN.
  • perpindahan antar paket tertentu mungkin tidak/belum bisa misalnya karena: stok habis. Contoh, Anda ingin pindah dari paket hosting Spanel ke Plesk, sementara semua server Plesk kami sedang penuh dan kami tidak/belum menambah server Plesk baru.

AKUN EXPIRED

Kapan akun hosting expired?

Tanggal jatuh tempo pada tagihan adalah tanggal expired (tanggal kadaluarsa).

Tanggal kadaluarsa hosting dan domain dapat sama atau berbeda, bergantung pada periode berlangganan yang dipilih (mis: domain 1 tahun tapi hosting per 3 bulan, maka pada tagihan bulan ke-3, ke-6, dan ke-9 domain belum expired).

Berapa hari setelah expired maka akun hosting didisable (dinonaktifkan)?

Setelah akun jatuh tempo, kami memberikan tenggang waktu 5 hari. Akun hosting otomatis didisable jika sudah lewat 5 hari setelah tanggal jatuh tempo.

Namun perhatikan: untuk domain begitu lewat jatuh tempo maka akan tidak aktif. Ini adalah kebijakan dari registrar dan praktik umum di Internet. Jadi situs Anda langsung tidak dapat dibuka begitu lewat jatuh tempo jika domainnya juga expired. Karena itu pastikan Anda tidak membayar terlalu mepet agar ada waktu pemrosesan sebelum domain expired.

Untuk pelanggan setia kami, kami memberi opsi agar akun hosting tidak didisable otomatis jika sudah lewat 30 hari, melainkan diperpanjang hingga 30, 60, atau 90 hari. Jika Anda menginginkan hal ini, silakan hubungi billing kami.

Kata kunci: suspend, suspended, disable, disabled, enable, enabled

Apa efek dari akun hosting didisable?

  • Website Anda akan menampilkan pesan “Situs didisable”.
  • Anda tidak bisa login ke Spanel.
  • Anda tidak dapat menerima maupun mengirim email.
  • Anda tidak dapat login SSH ke server.

Namun:

  • Zona record tetap dihosting di server DNS kami, jadi ketika diquery tetap menghasilkan A dan MX record.
  • Backup harian tetap berjalan.
  • Data belum dihapus, masih dihosting di server hosting.

Bagaimana mengaktifkan kembali hosting yang telah didisable?

Anda cukup membayar semua tagihan yang belum terbayar untuk akun hosting ybs.

Tidak dikenakan biaya tambahan lainnya.

Berapa hari setelah jatuh tempo akun hosting dihapus?

Akun hosting otomatis dihapus minimal 3 bulan (90 hari) setelah tanggal jatuh tempo. Akun yang sudah terhapus 90 hari sejak due date tidak dapat direstore dengan alasan apapun, silahkan order akun baru dan upload ulang data-data anda.

Apa efek dari akun hosting dihapus?

  • Semua data akun (website, email, setting cron, dsb) dihapus.

Namun:

  • Akun Masterkey Anda tetap aktif.

Apakah akun hosting yang sudah dihapus dapat dikembalikan (direstore) kembali?

Kami biasanya tetap menyimpan sejarah backup akun hosting yang sudah dihapus selama 1 bulan atau lebih sejak dihapus, namun kami tidak menjamin hal ini karena sewaktu-waktu backup tersebut dapat saja dihapus oleh admin/sistem.

Rama has written 18 articles